DAFTAR NAMA JEMAAH HAJI REGULER BERHAK LUNAS TAHAP II TAHUN 1437H/2016M (KLIK DISINI) PELUNASAN BPIH REGULER TAHAP KEDUA DIMULAI PADA 20 JUNI-30 JUNI 2016 KEMENAG HIMBAU JEMAAH HAJI SEGERA LAKUKAN PELUNASAN PELUNASAN TAHAP PERTAMA DIMULAI PADA 19 MEI-10 JUNI 2016 PELUNASAN DILAKUKAN DI BPS BPIH PADA PUKUL 08.00-15.00 WIB, 09.00-16.00 WITA, 10.00-17.00 WIT BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN 1437H/2016M (KLIK DISINI) DAFTAR NAMA JEMAAH HAJI REGULER BERHAK LUNAS TAHAP I TAHUN 1437H/2016M (KLIK DISINI) DAFTAR NAMA JEMAAH HAJI KHUSUS BERHAK LUNAS TAHAP I TAHUN 1437H/2016M (KLIK DISINI) KEMENAG DAN DPR SEPAKATI BPIH 2016 TURUN 132 USD (KLIK DISINI) DAFTAR TRAVEL UMRAH BERIZIN YANG DIJATUHI SANKSI SAMPAI DENGAN TAHUN 2015 (KLIK DISINI) SIARAN PERS DITJEN PHU 15 FEBRUARI 2016 (KLIK DISINI) KEMENAG APRESIASI PUBLIK LAPORKAN TRAVEL UMRAH NAKAL RENCANA PERJALANAN HAJI TAHUN 1437H/2016M (KLIK DISINI) TUNTUT KERUGIAN, KUHI KEMBALI TEMPUH LANGKAH HUKUM DI ARAB SAUDI KEMENAG MERUBAH MASA KELAM PENYELENGGARAAN HAJI MENJADI MASA MELAYANI SUKSES HAJI BERSAMA DAN BERKELANJUTAN SELAMAT DATANG JEMAAH HAJI INDONESIA SEMOGA SALEH PRIBADI DAN SOSIAL INGAT LIMA PASTI UMRAH AGAR AMAN DALAM BERIBADAH LAPORKAN PADA POLISI SETEMPAT JIKA DIDAPATI TRAVEL NAKAL PEMERINTAH INDONESIA SAMPAIKAN BELASUNGKAWA ATAS MUSIBAH DI MASJIDIL HARAM MUSIBAH DI MASJIDIL HARAM DAN MINA PEMERINTAH BUKA CALL CENTRE +966543603154 SELAMAT JALAN JEMAAH HAJI INDONESIA SEMOGA MENJADI HAJI MABRUR TIBA DI MAKKAH JEMAAH HAJI PUJI LAYANAN HAJI TAHUN INI BUS SALAWAT LAYANI JEMAAH HAJI INDONESIA 24 JAM KATERING JEMAAH BERCITA RASA INDONESIA MAKAN GRATIS 15 KALI (MAKAN SIANG) DI MAKKAH MAKAN GRATIS 9 HARI SIANG&MALAM PLUS SNACK DI MADINAH SUHU DI TANAH SUCI 45 DERAJAT CELSIUS, JAGA KESEHATAN & PERBANYAK MINUM AIR PUTIH PETUGAS SEKTOR KHUSUS SIAGA 24 JAM JAGA KEAMANAN JEMAAH HAJI INDONESIA PETUGAS HAJI INDONESIA KOMITMEN LAYANI JEMAAH HAJI DENGAN SEPENUH HATI JEMAAH DIHIMBAU JANGAN PERCAYAI ORANG LAIN SELAIN PETUGAS HAJI INDONESIA BAWALAH UANG SECUKUPNYA DAN SELALU BERSAMA ROMBONGAN JIKA BERPERGIAN PEMONDOKAN JEMAAH HAJI INDONESIA SETARA HOTEL BINTANG 3 & 4 GERAKAN NASIONAL 5 PASTI UMRAH (KLIK DISINI)


Standar Minimal Biaya Umrah 1.700 Dolar AS

Bandung (Sinhat)--Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) menyatakan standar minimal biaya perjalanan umroh senilai 1.700 dolar AS.

"Amphuri dan Kementerian Agama RI komitmen untuk menetapkan standar penyelenggaraan umrah, terutama terkait biaya, dimana biaya 1.700 dolar AS menjadi standar minimun untuk perjalanan umroh," kata Ketua Amphuri Joko Asmoro pada sosialisasi biaya umrah dan haji di Kota Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan, standarisasi biaya umrah itu dalam rangka menjamin pelayanan kepada jemaah umrah yang terus meningkat setiap tahunnya.

"Kami mengimbau perusahaan perjalanan umrah untuk mematuhi UU No. 13 Tahun 2008 terkait standar penyeleggaraan haji dan umrah, sehingga tidak akan ada lagi kasus jemaah umrah yang terlantar," katanya.

Ia menyebutkan, biaya 1.700 dolar AS itu sudah merupakan standar minimum untuk perjalanan umrah. Sehingga bila ada angka di bawah itu maka menurut dia sangat riskan untuk bisa memenuhi standar pelayanan di Tanah Suci.

"Untuk tiket pesawat saja bolak-balik sekitar 1.000 dolar AS hingga 1.300 dolar AS, biaya 1.700 dolar AS itu sudah standar minimal. Bila di bawah itu diragukan standar pelayanannya. Kami sampaikan ini tidak lain agar masyarakat tahu standar minimal biaya perjalanan umrah," kata dia.

Ia meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan paket umrah yang murah, karena dalam pelaksanaanya tetap harus disesuaikan dengan perhitungan biaya standar minimal.
"Pokoknya jangan tergiur dengan paket murah," katanya.

Ia menyebutkan, munculnya kasus jemaah umrah yang terlantar atau tidak jadi berangkat itu karena memang biayanya terlalu rendah, atau perusahaan perjalanannya tidak bertanggung jawab.

Lebih lanjut, dalam pembenahan perusahaan perjalanan umrah, ia berharap perusahaan yang belum memiliki sertifikasi untuk segera melengkapinya.

"Belum semua perusahaan perjalanan umrah memiliki izin dan sertifikasi, prosesnya cepat dan mudah," katanya.

Joko Asmoro menyebutkan, animo muslim Indonesia untuk menunaikan umrah terus meningkat. Tahun 2013 jumlahnya mencapai 500 ribu orang, sedangkan tahun ini diperkirakan tumbuh dua kali lipat menjadi sejuta orang.

"Tingginya minat umrah karena daftar menunaikan ibadah haji yang begitu lama, harus menunggu bertahun-tahun, sehingga mereka menunaikan umrah terlebih dahulu," katanya.

Namun pelaksanaan umrah pada bulan Rajab dan Syaban saat ini, kata Joko dipastikan terjadi penundaan pemberangkatan jemaah umrah karena terkait dengan kuota dari Pemerintah Arab Saudi.

"Pada Rajab dan Syaban ini pasti akan ada penundaan pemberangkata, bukan pembatalan. Kuotanya kan tetap berdasarkan visa yang masuk, sedangkan saat ini banyak pemegang visa umrah yang belum berangkat karena menunda keberangkatan, sedangkan kuotanya tetap. Paling hanya 15 persen hingga 20 persen," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada calon jemaah umrah yang telah memegang visa untuk segera berangkat dan tidak menunda keberangkatan karena berimbas kepada visa dan keberangkatan jemaah lainnya yang mengantri.(ess)