Membumikan Spiritualitas Haji

Setiap orang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah, untuk menyempurnakan rukun Islamnya. Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu secara jasmani, rohani, finansial, dan keamanan. Ajaran haji juga sebagai pertanda, bahwa syari’at Islam yang dibawa oleh Rasulullah saw. bukan agama baru, melainkan kelanjutan dari syariatnya Nabiyullah Ibrahim as. Dalam QS. al-Hajj ayat 27, Allah menginformasikan tentang perintah-Nya kepada nabi Ibrahim, untuk memanggil semua manusia agar melaksanakan ibadah haji ke baitullah, baik dengan jalan kaki atau naik unta.

Kemenag Merakyat: Capaian Kerja Berhasil Menyentuh Umat

Hajisiana (Sinhat)--Mungkin hanya sedikit orang yang tahu di era sekarang bagaimana kepemimpinan tokoh dan ulama dalam memimpin Kementerian Agama (Kemenag) pasca pembentukan Kemenag 3 Januari 1946 melalui ketetapan NO.1/S.D. Pembentukan kementerian ini penuh perjuangan. Pada waktu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) melangsungkan sidang pada 19 Agustus 1945 untuk membicarakan pembentukan kementerian/departemen, dan akhirnya pada 3 Januari 1946 pemerintah mengeluarkan ketetapan NO.1/S.D dan memutuskan membentuk Kemenag (Departemen Agama).

Menteri Merakyat: Ketika Lukman Hakim Saifuddin Disangka Menteri Agama

Hajisiana (Sinhat)--“Bapak kok mirip Menteri Agama ya? Beliau satu kampung dengan saya di Purwokerto.” Seorang jemaah haji Indonesia tiba-tiba berseloroh seketika melihat Lukman Hakim Saifuddin bersama sekretarisnya Khoirul Huda Basyir salat magrib di halaman Masjidil Haram, tepatnya di arah bagian depan Zam Zam Tower.

Biro Perjalanan Haji di Indonesia Masa Kolonial: Agen Herklots dan Firma Alsegoff & co

Hajisiana (Sinhat)--Subahanallah, alhamdulillah, allahu akbar. Kata suci inilah yang niscaya akan keluar jika kita membaca buku Biro Perjalanan Haji di Indonesia Masa Kolonial: Agen Herklots dan Firma Alsegoff & co, Arsip Nasional Republik Indonesia, 2001. Kata suci inilah sebagai ungkapan rasa takzim kepada pemerintah sekarang dengan sangat memanusiakan jemaah haji, dengan memberikan predikat tinggi kepadanya sebagai duyufurrrahman, dengan merendahkan diri pemerintah sebagai khadamat atau pelayan baginya. Tidakkah kita bersyukur dengan hal itu semua?

Selamat Datang di Dunia Kami, Dunia Media Centre Haji

Hajisiana (Sinhat)--“Kejar tayang, deadline, omelan pejabat, para redaktur, produser, sampai pontang-panting memburu narasumber. Pokoknya semua ngomel deh. Ngomel itu sudah biasa bagi kami, yang mengerikan itu jika tidak ada omelan.”

Dimensi Religius Geser Residual Dollar Dekati Angka 0

Hajisiana (Sinhat)--"Jikalaupun harga haji turun tidak akan menambah untuk memperolehnya sebesar penurunan harga, karena haji memiliki keterbatasan atas kuota."

Halaman


Scroll to Top