Menag : Pelayanan Haji 2017 Tunjukkan Perbaikan

Ditulis oleh anggoro husni pada Jumat, 21 April, 2017

Madinah (Sinhat)—Kunjungan 3 Menteri Kabinet Kerja yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Kesehatan Nila Moeloek ke Arab Saudi adalah untuk menindaklanjuti persiapan pelayanan haji tahun 2017.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dalam rilisnya menyebut persiapan pelayanan haji tahun 2017 bakal menunjukkan perbaikan yang signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satu perbaikan yang sudah tampak yakni terkait tenda jemaah di Padang Arafah.

"Kita sudah teken kontrak dengan pihak Saudi terkait pendirian tenda-tenda bagi jemaah haji Indonesia dengan spesifikasi yang lebih baik, seperti AC dan kualitas fasilitas kebersihan," kata Menag saat rapat koordinasi di Madinah. Kamis (20/04/2017) waktu Arab Saudi.

Selain tenda, pemondokan dan hotel juga sedang diperbaiki. Apalagi, tahun ini Indonesia mendapat kouta haji sebesar 221 ribu orang atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Untuk menambah kenyamanan para calon haji selama di tanah suci, pihak Kemenag juga melakukan perbaikan dan penataan transportasi. Diharapkan, pada tahun ini tidak ada lagi keterlambatan mobilitas jemaah asal Indonesia.

“Selain tenda di Arafah, kita juga akan meningkatkan perbaikan pelayanan akomodasi, transportasi dan catering untuk menambah kenyamanan para calon haji selama di tanah suci,” paparnya

Kunjungan Tiga pembantu Presiden ini ke Madinah juga memiliki misi yaitu untuk mendorong Kantor Perwakilan Kementerian Haji dan Umroh di Madinah mempercepat proses transaksi elektronik yang saat ini masih belum dapat dilakukan.

“Indonesia berharap proses itu bisa dilakukan sebelum bulan Ramadan agar proses penerbitan visa maupun pemondokan bagi jemaah haji Indonesia tidak terhambat,” harap Menag (detikcom/ha/ha)


Scroll to Top