Petugas Kloter Hadir Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Jemaah Haji Tahun Ini

Ditulis oleh diaz pada Senin, 20 Maret, 2017

Jakarta (Sinhat) -- Kasubdit Pembinaan Petugas Haji, Direktorat Pembinaan Haji, Kementerian Agama (Kemenag), H. Khoirizi menjelaskan, bahwa pemerintah siap mengantisipasi terjadinya penambahan kuota tahun ini sebesar 221.000 porsi.

“Sesuai dengan PMA nomor 75 tahun 2017 ada penambahan kuota haji sebanyak 31% (52.200 orang) dari kuota haji tahun lalu dan kuota untuk petugas haji bertambah 47% (899 orang) dari kuota petugas haji tahun lalu, maka diperlukan kerja maksimal dari seluruh petugas kloter untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah,” ujar Khoirizi Sabtu pagi, (18/03/2017).

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi berkurangnya pelayanan terhadap jemaah, maka pemerintah akan menyiapkan petugas kloter di dalam satu posko dibawah koordinasi petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sehingga jika dibutuhkan, dapat langsung turun ke lapangan dengan cepat.

“Tujuan dari kebijakan ini untuk mendekatkan petugas ke tengah-tengah jemaah saat memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan di setiap pondokan-pondokan jemaah. Dengan begitu, keterbatasan tenaga petugas yang selama ini kita khawatirkan dapat terjawab dengan program tersebut. Programnya apa? Ya, program menghadirkan petugas ditengah-tengah jemaah sebagai ujung tombak pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah,” tandas Khoirizi kembali. (dz/rio)


Scroll to Top