Sambil Ngabuburit, Jemaah Haji Kota Bogor Ikuti Manasik

Ditulis oleh anggoro husni pada Senin, 19 Juni, 2017

Bogor (Sinhat)--Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh berkah untuk sebagian orang yang melaksanakannya, tidak terkecuali bagi jemaah haji yang sebentar lagi akan berangkat ke tanah suci, pada bulan ini Kemenag Kota Bogor telah melaksanakan bimbingan manasik haji.

Dilaksanakan ba'da zuhur, manasik haji antusias diikuti oleh jemaah haji, sambil menunggu berbuka puasa (ngabuburit) sekitar 98 persen jemaah haji ramai-ramai mengikuti bimbingan manasik yang diselenggarakan oleh pemerintah tersebut. Menurut Deden Mahmuddin staf Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Bogor, kegiatan Manasik ini akan dilaksanakan 2 kali di kota dan 6 kali akan diadakan di Kecamatan.

"Jadwal kegiatan manasik ini akan di adakan di kota 2 kali dan di kecamatan 6 kali," jelas Deden saat ditemui di Kantor Kemenag Kota Bogor. Senin siang (19/06/2017)

Bimbingan manasik ini, kata dia, saat sudah dilaksanakan 2 kali di kota dan 4 kali dikecamatan sisanya nanti akan dilaksanakan kembali setelah idul Fitri. Materi bimbingannya terdiri dari pengetahuan ibadah manasik ditanah air dan di tanah suci, pengetahuan kesehatan haji serta materi kebijakan pemerintah yang langsung diberikan oleh Kakanwil Kemenag ataupun Kepala Kemenag Kota Bogor.

"Saat di bimbingan manasik sudah dilaksanakan 2 kali dikota dan 4 kali dikecamatan sisanya sesudah lebaran," terangnya.

Sebagai pembimbing manasik Kemenag kota Bogor sudah menyiapkannya, untuk manasik dikota akan dibimbing langsung oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor dan untuk di Kecamatan akan dibimbing langsung oleh Pembimbing Manasik yang telah bersertifikat.

"Untuk manasik di Kota diselenggarakan di PPIB (Pusat Pengembangan Islam Bogor) dan untuk ditingkat kecamatan akan diselenggarakan di Kantor Urusan Agama masing-masing kecamatan," Pungkasnya.(ha/ha)


Scroll to Top