Semua Pihak Menilai Gelaran Haji Sukses

Ditulis oleh Abdul Basyir pada Minggu, 10 September, 2017

Jeddah (PHU)---Jelang akhir masa tugas amirul haj di Arab Saudi, Menag menggelar rapat dengan jajaran PPIH Arab Saudi dari semua Daerah Kerja (Daker). Rapat yang digelar di Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) Jeddah Sabtu (09/09/2017) malam tersebut memberikan beberapa catatan sebagai evaluasi dan bahan perbaikan ke depan.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Dubes RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel, serta perwakilan KJRI Jeddah. Seusai rapat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan penilaian bahwa penyelenggaraan haji tahun ini berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah, kita syukuri sampai dengan hari ini penyelenggaraan haji terhitung aman, lancar, relatif tertib dan tidak ada hal hal yang secara prinsipil menjadi sesuatu yang menyulitkan," terang Menag, Sabtu (09/09).

"Jadi secara keseluruhan, sebagaimana yang disampaikan Pemerintah Saudi, bahwa haji tahun ini berlangsung dengan lancar," sambungnya.

Meski demikian, Menag menghimpun sejumlah catatan evaluasi, antara lain terkait jemaah haji Indonesia yang berdesakan di tenda Mina serta kurangnya fasilitas toilet.

Pertama, lobby Pemerintah Saudi agar infrastruktur Mina bisa ditingkatkan. "Saya berharap Pak Dubes bisa meyakinkan Saudi agar Mina bisa menjadi contoh dunia bahwa umat Islam bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik," ujarnya.

Kedua, strategi penempatan jemaah di Mina perlu diubah. Ke depan, di setiap maktab, perlu ada dua atau tiga kloter yang hotelnya berada di sekitar Jamarat. "Ini agar mereka bisa kembali ke hotel sehingga tenda bisa ditempati kloter lain," tuturnya.

Catatan evaluasi lainnya, terkait dengan sistem sewa hotel di Madinah. Menurut Menag, tahun depan akan dilakukan kajian dan pendalaman untuk kemungkinan dilakukannya perubahan sistem sewa dari blocking time menjadi sewa satu musim.

Catatan berikutnya terkait perlunya penambahan kuota petugas. Hal ini juga memerlukan proses lobby yang harus dilakukan.

"Kuota yang hanya 3.500 belum mampu mengimbangi banyaknya jemaah haji kita," pungkasnya. (mkd/ab).


Scroll to Top