Tindak Lanjut Hasil Assesment Pegawai Ditjen PHU

Ditulis oleh Abdul Basyir pada Senin, 20 Maret, 2017

Jakarta (Sinhat)–Kegiatan assessment pegawai pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang telah diselenggarakan pada 16-17 Maret 2017 yang lalu berjalan dengan baik dan ditanggapi positif oleh para peserta. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia kegiatan, M. Ichsan Fahmy, di kantornya Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

“Secara umum kegiatan berjalan dengan lancar, tidak ada kendala berarti. Hanya pada hari pertama harus ada pergantian peserta karena ada dua orang peserta yang berhalangan hadir dan sudah disiapkan penggantinya,” kata Ichsan.

Menurutnya, para peserta memintanya supaya hasil assessment dapat diberitahukan kepada mereka sebagai bahan masukan individu untuk mengetahui kompetensi masing-masing pegawai.

“Saat saya berbincang-bincang dengan para peserta, mereka merasa assesment ini sangat bermanfaat bagi mereka.  Dengan soal-soal trouble shooting mereka  memahami cara pemecahan masalah yang efektif, menyampaikan pendapat, dan berkontribusi memberikan solusi untuk pengembangan ke depan. Disamping itu mereka mengharapkan assesment tidak sekedar dalam keperluan pemetaan saja. Mereka berharap dapat diberikan hasil assessment sebagai feedback dari apa yang telah mereka kerjakan supaya mereka memahami apa kelebihan dan kekurangan yang ada,” tutur Ichsan, yang merupakan mantan pejabat Kepegawaian di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Selanjutnya Ichsan menyampaikan bahwa hasil assessment selain digunakan sebagai pertimbagan penempatan dan pengangkatan (placement and recruitment), dapat juga ditindaklanjuti dengan program peningkatan kompetensi pegawai setelah diketahui pemetaan kompetensi pegawai di masing-masing Direktorat.

“Insya Allah dalam waktu dekat hasil assessment dapat diketahui,  dalam seminggu ke depan para assesor akan membaca dan memberi penilaian pekerjaan pegawai. Hasilnya akan disidangkan oleh seluruh assesor dan selanjutnya diserahkan kepada Sekretariat Direktorat Jenderall Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” jelas Ichsan. (ab/ab).


Scroll to Top