Tutup Mudzakarah Perhajian, Sekjen Ingatkan Jemaah Haji Jaga Kemabruran

Ditulis oleh anggoro husni pada Minggu, 30 April, 2017

Jakarta (Sinhat)—Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengingatkan kepada Jemaah haji sepulangnya menunaikan ibadah haji dari tanah suci untuk menjaga kemabruran hajinya. Demikian dikatakannya saat menutup acara Mudzakarah Perhajian Nasional Indonesia di Jakarta. Minggu (30/04/2017).

Menjaga kemabruran haji kata Nur Syam meliputi 2 hal secara yaitu dilihat dari kesalehan ritual dan kesalehan social. Kesalehan ritual bermakna ketika ditandai dengan semakin saleh ritual seseorang sebagai contohnya sebagai penggerak ibadah dilingkungannya.

“Yang biasanya tidak jamaah di masjid lalu jamaah di masjid apa lagi menjadi penggerak Jamaah sholat subuh berjamaah yang sekarang ini haji-haji kita yang jumlahnya luar biasa menjadi penggerak Jamaah sholat subuh berjamaah itu pertanda bahwa ada di antara sosiologi situ adalah ada kemabruran,” jelas Nur Syam.

Kemudian yang kedua adalah kesalehan sosial yang berarti dengan setelah berhaji lalu hendaknya semakin tinggi makin pula kedermawanannya semakin banyak memberi dan bermanfaat bagi orang lain.

“Jadi kalau dia lihat ada masjid yang sedang dibangun maka dia yang pertama memberikan bantuan ini adalah salah salah beberapa aspek yang bisa dikategorikan dalam kaitanya dengan persoalan kemabruran Haji ini dilihat dari dimensi sosiologisnya,” katanya.

Selain itu, Nur Syam juga mengharapkan Mudzakarah ini akan menghasilkan sebuah matrik yang kemudian bisa menghasilkan pula rencana rencana aksi yang bisa dihasilkan bersama-sama ini, karena menjadi sangat penting dari sebagai sebuah rekomendasi kualitatif.

“Menurut saya akan menjadi tugas dari Subdit Bimbingan Jemaah yang salah satunya bagaimana kemudian menghasilkan matriks yang lebih komprehensif yang memetakan seluruh problem jamaah perempuan kita dalam penjualan Haji ini menjadi sangat penting jadi coba nanti dirumuskan matriksnya apa saja problem-problem yang dihadapi oleh jamaah,” pungkasnya. (ha/ha)


Scroll to Top