Lompat ke isi utama
x

Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Umrah

kj

Majalengka (PHU)—Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, ditargetkan dapat melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang.  Untuk tahap pertama ada 4 penerbangan, kemudian pada Desember bertambah menjadi 8 penerbangan. Dari jumlah tersebut ada 2 penerbangan khusus untuk umrah.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela-sela kegiatan peninjauan Bandara Kertajati, Jumat (16/09/2022). Pada kesempatan tersebut hadir juga sejumlah pejebat dari Kanwil Kementerian Agama Jabar. Antara lain Kakannwil Kemenag Jabar  Ajam  Mustajam serta Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Ahmad  Handiman Romdony.

Menurut Budi, untuk mempersiapkan penerbangan komersial tersebut, pemerintah telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Lion Air. Dalam kunjungannya, Budi mengajak Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen untuk melihat langsung aktivitas di Bandara Kertajati.

"Sengaja saya ajak Bapak Duta Besar Denmark untuk RI. Saya tunjukan bahwa Bandara Kertajati juga bersiap untuk meningkatkan konektivitas udara," ujarnya.

 

Upaya pemulihan

Dijelaskkannya, begitu Covid-19  mulai menurun, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan. Salah satu caranya, dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Bali. 

"Berdasarkan perkembangan di lapangan, mudah-mudahan jalan tol Cisumdawu yang menyambungkan jalur Bandung  ke Kertrajati, sudah bisa digunakan pada bulan Oktober tahun ini. Dengan demikian,  pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai," tuturnya.

Keberadaan Bandara Kertajati juga akan mendongkrak proyek besar Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban, Kertajati), sehingga akan membangkitkan  perekonomian di daerah tersebut. Rebana adalah kawasan  segitiga yang sangat potensial sebagai kawasan industri.

 

Manfaatnya banyak

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Jabar Ajam Mustajam menyambut baik akan beroperasinya BIJB Kertajati untuk memberangkatkan jemaah umrah. Banyak manfaat positif yang didapat dengan pemberangkatan umrah dari bandara tersebut.

“Banyak manfaat positifnya  dari hadirnya Bandara Kertajati dalam kaitan umrah. Ada manfaat aspek sosialnya, ekonomi, juga manfaat lainnya yang akan dirasakan masyarakat setempat,” tutur Ajam. 

Hal yang sama juga dikemukakan Kabid Penyelanggara Haji dan Umrah,  Ahmad  Handiman Romdony. Ia berharap, bulan November ini Bandara Kertajati sudah bisa memberangkatkan jemaah umrah,  khususnya Jabar  bagian timur dan menyusul Jawa Tengah bagian barat. 

“Ini bisa menghidupkan Bandara Kertajati, yang selama ini seperti mati suri.  Dengan dimulainya Jemaah umrah dari Kertajati, semoga pada 2023 jemaah calon haji juga dapat berangkat BIJB Kertajati,” kata  Handiman Romdony.

 

 

Penulis
Eva Nurwidiawati
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca