Lompat ke isi utama
x

Cek Jemaah, Gus Men Blusukan ke Masjidil Haram

Menag

Makkah (PHU) --- Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) mengimbau jemaah tetap menjaga kesehatan. Jelang kepulangan, kondisi fisik tetap harus dijaga.

“Saya ingin sebenarnya di waktu krusial menjelang kepulangan, baik petugas maupun jemaah menjaga staminanya,” kata Gus Men usai berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek jemaah haji, Minggu (17/7/2022) dini hari.

Ditemani beberapa staf khusus, Gus Men sengaja berada di Masjidil Haram tengah malam untuk mengecek jemaah haji. Tiba di Masjidil Haram Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 21.30 WAS, Gus Men baru meninggalkan Masjidil Haram pada Minggu (17/7/2022) pukul 01.30 WAS dini hari.

“Saya memang pengan melihat, ternyata sampai setengah dua (01.30 WAS), masih banyak jemaah yang ke masjid baik tawaf, atau sekadar iktikaf atau melanjutkan umrah,” kata Gus Men.

Padahal jelang kepulangan ke tanah air, seluruh jemaah tetap harus menjaga kesehatannya. Jangan sampai ngedrop menjelang kepulangan.

“Kita tidak ingin jemaah ini kehilangan energinya, karena kemarin saya melihat statistik itu ada jemaah empat yang wafat setelah armuzna ada kenaikan jemaah yang wafat,” ujarnya.

Jemaah yang wafat mayoritas karena kardiovaskular yang dipicu oleh kelelahan yang berlebihan.

“Saya berharap jemaah menjaga stamina. Petugas (haji) juga harus menjaga stamina. Yang penting juga petugas menjaga semangat. Semangatnya melayani sampai akhir sampai jemaah sampai rumah,” kata dia.

Menag juga telah minta seluruh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bisa mengurangi program-program ziarah jalan-jalan dan belanja bagi jemaah.

“Malam tadi kita koordinasikan dengan KBIH agar jemaah tidak terlalu diforsir yang sunah maupun yang mubah. Yang mubah itu belanja-belanja, jalan-jalan. Mending dikurangi agar jemaah istirahat dulu,” kata Menag.

Penulis
Kontributor
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca