Lompat ke isi utama
x

Dirjen PHU Harap Advokasi Haji jadi Role Model Kenyamanan Jemaah

Hgvjk

Bekasi (PHU) - Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief mengapresiasi
program Advokasi Haji yang bertujuan 
meningkatkan perlindungan dan kenyamanan kepada jemaah. 

Hal ini disampaikan Hilman Latief saat menyampaikan materi dalam gelaran Sosialisasi Advokasi Haji dengan tema "Implementasi Pembinaan dan Perlindungan Jemaah melalui Advokasi Haji. 

Kegiatan sosialisasi advokasi haji ini digelar selama tiga hari. 16-18 November 2022 di Asrama Haji Bekasi, Provinsi Jawa Barat

“Penanganan masalah yang terjadi guna memberikan kenyamanan kepada jemaah haji dan pegawai Ditjen PHU menjadi hal positif yang dilakukan Subdit Advokasi Haji Ditjen PHU, kata Hilman Latief, Rabu (16/11/2022) . 

Advksii

Hilman pun meminta kepada Subdit  Advokasi haji untuk terus mengeksplorasi dan mendesain perubahan pelayanan haji kearah yang lebih baik secara internal maupun eksternal. 

Internal yaitu pegawai kementerian agama khususnya Pegawai Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan eksternal kepada jemaah haji. 

Dirjen PHU juga mengharapkan sosialisasi yang dilakukan Subdit advokasi tidak hanya sebagai sarana sosilisasi namun bisa menjadi agenda perubahan. 

Misalnya dengan membentuk tim yang mempunyai kemampuan mitigasi dan konsultasi. 

Dengan kasus hukum atau permasalahn yang ada di lapangan lanjut Hilman Subdit advokasi harus benar-benar mampu memetakan kasus. 

“Saya berharap ini nantinya akan menjadi proyek perubahan yang bisa di publish akhir tahun ini sebagai transformasi digital dan menjadi role model yang didambakan masyarakat,” ucapnya.

Terkait temuan sejumlah kasus di lapangan, Hilman menyarankan kepada Subdit Advokasi Haji untuk dapat menyiapkan wadah yang mudaj diakses setiap saat dan menjadi tempat aduan atau ruang konsultasi untuk menyampaikan informasi. 

"Tentunya dengan model komunikasi publik yang friendly, sehingga kita pun dapat mengukur berapa jumlah informasi yang masuk,” tandasnya. 

Diakhir paparannya Dirjen PHU menyampiakan dalam wakru dekat dirinya akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi bersama tim guna persiapan haji 2023. 

"InsyaAllah saya dan tim akan bertolak ke Arab Saudi dalam rangka persiapan haji serta membahas kuota haji yang InsyaAllah akan lebih optimal bersama . 
Menteri Haji Arab Saudi. Termasuk menghadiri muzakarah perhajian hanh6akan digelar wakru dekat,” tutup Hilman.

Penulis
Ranita Erlanti Harahap
Editor
Benny A

Jumlah Pembaca