Lompat ke isi utama
x

Edukasi Jemaah Haji, Kemenag Kalsel - DPR RI SAPA Jemaah Haji

Kemenag Kalsel

Barabai (PHU) – Untuk memberikan informasi atau edukasi dan berita yang benar dan tepat mengenai Haji dan Umrah dan terkait kebijakan dalam pelaksanaannya bagi masyarakat jemaah haji, Bidang Penyalenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel menggelar kegiatan SAPA Jemaah Haji Tahun 1444 H / 2022 M di Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (14/11/2022).

Mewakili Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Kepala Bidang PHU Rusbandi menerangkan kegiatan SAPA jemaah haji tersebut merupakan salah satu kegiatan Kemitraan Direktorat Jenderal PHU Kemenag RI bersama komisi VIII DPR RI.

“Dalam Undang- Undang Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyebutkan bahwa salah satu asas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah adalah transpransi yang memberikan gambaran bahwa penyelenggaraan haji dan umrah dilakukan secara terbuka dan memberikan akses seluas luasnya kepada masyarakat,” terangnya.

Rusbandi menerangkan, permasalahan dan isu haji terkait daftar tunggu yang sangat panjang dan lama, besarnya uang/ dana haji yang dikelola dan perubahan kebijakan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi sangat berpotensi terjadinya disinformasi dan munculnya berita tidak benar (hoax) tentang penyelenggaraan haji dan umrah dimasyarakat secara luas.

Rusbandi mengungkapkan, selain pelaksanaan haji Ibadah Umrah juga sering terjadi permasalahan baik dikarenakan gagal berangkat, layanan yang tidak sesuai paket dan banyaknya jemaah yang tertipu dengan Travel yang tidak bertanggung jawab. 

“Dalam hal ini Kanwil Kemenag Kalsel kembali menegaskan untuk memberikan informasi dan perlindungan terhadap masyarakat Kalimantan Selatan yang akan melaksanakan ibadah umrah tentang ketentuan “5 Pasti Umrah”,” 

Rusbandi menjelaskan Ada 5 Pasti yang harus ditaati PPIU dan diketahui masyarakat yang akan menjalankan ibadah umrah yakni :

1. Pastikan Travel Berizin Umrah dari Kementerian Agama RI (Agar terjamin perlindungan, pelayanan dan bimbingan selama di tanah suci),

2. Pastikan Jadwal Keberangkatan dan Penerbangannya (Tiket Harus Pulang - Pergi, dan Hanya 1 kali transit dengan penerbangan yang sama),

3. Pastikan Harga dan Paket Layanannya (Jangan tergiur harga murah),

4. Pastikan Hotelnya (Minimal Hotel Bintang 3),

5. Pastikan Visanya (Visa Minimal sudah jadi 3 hari sebelum keberangkatan).

“Ketentuan 5 Pasti harus kita fahami semua sebagai bentuk ikhtiar dalam menjaga jemaah agar pelaksanaan ibadah umrah nyaman dan tenang. Dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang resmi berizin dan beroperasi di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 74 dengan rincian jumlah  PPIU 45 dan PIHK 29,” tegasnya.

Terakhir Rusbandi berharap dengan terselenggaranya kegiatan SAPA Jemaah Haji ini, mudah-mudahan kita semua mendapatkan Informasi yang benar dan valid penyelanggaraan Ibadah Haji dan kita dapat memahami bahwa haji dan umrah ini sangat diperhatikan oleh Pemerintah dan DPR RI. 

Kegiatan yang dilaksanakan di MTsN 2 HST tersebut di hadiri oleh Masyarakat Jemaah Haji tahun 2022 dengan narasumber dari Komisi VIII DPR RI Saiful Rasyid

Penulis
Kemenag Kalsel
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca