Lompat ke isi utama
x

Ditjen PHU Gelar Evaluasi Digitalisasi Layanan Komputerisasi Haji Terpadu

jaja

Semarang (PHU) - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) menggelar Evaluasi Digitalisasi Layanan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Semarang, Rabu (19/10/2022).

Hadir, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU (Sistem Informasi Haji Terpadu) Jaja Jaelani. "Kegiatan evaluasi ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi layanan digitalisasi yang telah diterapkan pada sistem komputerisasi haji terpadu sehingga ada perbaikan dan pengembangan yang lebih menarik untuk memaksimalkan pelayanan haji dan umrah pada masyarakat," pungkas Jaja dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan evaluasi.

Acara ini mengevaluasi beberapa pelayanan haji, diantaranya penyederhanaan proses visa integrasi infrastruktur untuk satu data Kemenag, pengadaan layanan Arab Saudi secara elektronik, hingga proses pendaftaran haji.

Di sela-sela kegiatan, seluruh perwakilan juga berkesempatan untuk mencoba aplikasi metaverse untuk manasik haji. Aplikasi ini disiapkan menyusul rencana Kementerian Agama untuk melaksanakan proses manasik haji dengan menggunakan teknologi metaverse, agar jemaah haji dapat melihat gambaran proses penyelenggaraan ibadah haji secara nyata.

Kegiatan ini mengundang perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia, sebagai upaya untuk melihat kekurangan dan kelebihan dalam pelayanan jemaah dalam proses penyelenggaraan ibadah haji sehingga pelayanan haji dapat lebih ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.

 

Penulis
Humas Kemenag Sulsel
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca