Lompat ke isi utama
x

Jemput Bola, PHU Kemenag Kalsel Fasilitasi Rekam Biometrik Jemaah Pelimpahan Porsi

kotabaru

Kotabaru (PHU) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kankemenag) Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memfasilitasi pelaksanaan rekam biometrik bagi jemaah haji penerima pelimpahan porsi yang telah mengusulkan. Perekaman biometrik dilakukan langsung oleh tim dari Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan di ruang Siskohat pada Senin (05/12/22).

Kepala Kankemenag Kotabaru Ahmad Kamal menyambut baik pelaksanaan rekam biometrik jemaah haji. Menurutnya penerima pelimpahan porsi dengan sistem jemput bola dari PHU Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel dinilai sangat efektif mengingat wilayah Kabupaten Kotabaru yang sangat luas dan terdiri dari pulau-pulau sehingga akan memakan waktu dan biaya jika berangkat ke pusat ibukota provinsi.

“Kami sangat bersyukur bulan ini kembali dilaksanakan rekam biometrik bagi jemaah haji penerima pelimpahan porsi di Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru, sebelumnya pelaksanaan biometrik dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. Namun sejak 2021 lalu pelaksanaannya mulai dilakukan di Kemenag Kabupaten, hal ini tentu sangat membantu dan meringankan bagi kita juga para jemaah,” ungkap Ahmad.

Sementara itu, Kepala Seksi PHU Kemenag Kotabaru Siti Fatimah menyebutkan sebanyak 15 jemaah dari Kabupaten Kotabaru akan melaksanakan pelimpahan nomor porsi pada hari ini. “Kelimabelas jemaah tersebut terdiri 14 orang yang menggantikan karena meninggal dan 1 orang menggantikan disebabkan sakit permanen,” sebutnya.

“Anggota keluarga yang diperbolehkan menerima pelimpahan nomor porsi yakni suami, istri, ayah, ibu, anak kandung dan saudara kandung,” jelas Siti.

Adapun Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Kalsel, Nofirman saat dimintai keterangan terkait kegiatan pelimpahan mengatakan bahwa ini merupakan tindak lanjut dari Kepdirjen PHU Nomor 130 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pelimpahan Porsi Haji Meninggal Dunia atau Sakit Permanen.

“Pelaksanaan pelimpahan nomor porsi ini dilakukan tim Siskohat Kanwil yang turun menjemput bola ke daerah asal jemaah yang mengusulkan, sebagai bagian dari pelayanan prima kepada masyarakat untuk menunaikan rukun Islam yang kelima,” terang Nofirman.

Terkait persyaratan dalam proses perekaman foto dan sidik jari (Biometrik) penerima pelimpahan porsi diantaranya adalah membawa beberapa berkas untuk diverifikasi oleh petugas dari Kementerian Agama setempat, yaitu salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir, Salinan Akta Nikah, atau bukti lain jemaah penerima pelimpahan nomor porsi dengan menunjukkan berkas aslinya.

Penulis
Ulis/Humas Kemenag Kotabaru
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca