Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Kemenag Papua Harap Asrama Haji Dapat Bersaing dengan Hotel Bintang Tiga

Ashaj transit sorong

Sorong (PHU)--Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Sudirman Simanihuruk berharap Asrama Haji Transit Sorong mampu bersaing dengan hotel setingkat bintang tiga.

"Kami berharap kedepannya Asrama Haji Transit Kota Sorong mampu bersaing dengan hotel bintang tiga," kata Sudirman saat sambutannya pada peresmian Asrama Haji Transit Kota Sorong di Sorong Papua Barat. Senin (17/02).

Sudirman mengatakan, tujuan dibangunnya asrama haji transit Kota Sorong ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam proses pelaksanaan ibadah haji dan umrah supaya lebih terorganisir dalam pelaksanaannya bisanya juga dijadikan menjadi tempat pelatihan manasik.

"Di masa sekarang ini asrama haji bukan hanya diperuntukkan untuk pelayanan jamaah haji saja namun di luar jadwal operasional Haji asrama haji dapat digunakan sebagai tempat kegiatan maupun penginapan terhadap masyarakat luas pemerintah daerah maupun swasta," ujar Sudirman.

Ia mengakui masih mengharapkan perhatian dari Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dalam mengembangkan Asrama Haji Transit Kota Sorong ini, karena dirasa masih jauh untuk bisa memenuhi menjadi Ama Haji Antara.

"Sebab itu dengan kapasitas yang ada bahwa asrama ini masih jauh belum memenuhi standar untuk bisa menjadi menjadikan menjadi asrama antara untuk itu kami dari kesempatan yang berbahagia ini bermohon kepada bapak Direktur Jenderal untuk masih memberikan perhatian kepada kami di Papua Barat ini dalam rangka peningkatan pengembangan asrama transit di Provinsi Papua Barat ini," tandasnya.

Pembangunan Asrama Haji Transit Kota Sorong ini menggunakan dana yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2019 untuk 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama yaitu lobi kantor dan parkiran sedangkan lantai 2 adalah yaitu kamar berkapasitas 4 orang 1 kamar, sebanyak 11 kamar 2 kamar kamar VIP dan 9 kamar standar yang fasilitasnya setara dengan hotel bintang tiga.

Hadir dalam peresmian perwakilan Walikota Sorong, perwakilan Bupati Sorong, Forkopimda Papua Barat, serta Bank BPS BPIH Kasubdit Asrama Haji Kemenag Haryanto.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca