Lompat ke isi utama
x

Kakanwil Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Darul Imarah Aceh Besar

ok

Jantho (PHU)--- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, Selasa (10/1) meresmikan gedung balai nikah dan manasik haji KUA Darul Imarah di Lampeuneurut  Aceh Besar, pembangunan gedung tersebut bersumber dari anggaran sukuk negara atau surat berharga syariah negara (SBSN) tahun 2022.

Iqbal menyampaikan bahwa gedung yang di resmikan ini merupakan perdana di Aceh Besar dan sangat layak dibangun di Kecamatan Darul Imarah dengan populasi jumlah penduduk dan peristiwa nikah yang banyak.

"Untuk itu bangunan yang megah dan kokoh ini harus di rawat dan di mamfaatkan dengan sebaik baiknya. Dengan konstruksi dua lantai dan menghabiskan anggaran 1,4 milyar, lebih sedikit dari yang sudah di bangun di daerah lain,  menjadikan Gedung KUA Darul Imarah bisa lebih baik dan lebih kokoh," ungkap Iqbal.

Lebih lanjut ia menyampaikan mulai Januari 2023 untuk pelaksanaan nikah mulai berlaku syarat administrasi  bebas dari narkoba. Pasangan pengantin di lakukan tes narkoba dan melampirkan surat keterangan bebas narkoba.

Kementerian Agama turut berdosa jika orang orang yang menikah di KUA telah terkontaminasi dengan narkoba sehingga tidak bisa di harapkan menjadi keluarga yang sakinah, bahkan salah satu penyebab tingginya angka perceraian karena pengaruh narkoba, ungkap Iqbal.

Sedangkan Kakankemenag Aceh Besar H Salman SPd MPd didampingi Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana menyampaikan bahwa proses pembangunan gedung KUA dapat di selesaikan tepat waktu dan tidak terjadi kendala dalam pelaksanaannya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Aceh yang telah mewujudkan impian masyarakat Darul Imarah untuk memiliki kantor KUA yang refresentatif.

Camat Darul Imarah Drs Syarifuddin atas nama masyarakat merasa bersyukur, berbahagia dan berbangga dengan terwujudnya pembangunan gedung KUA yang sangat bagus, bahkan kalah jauh di bandingkan dengan kantor camat, koramil dan polsek.

Lebih khusus Camat yang juga putra Darul Imarah menyampaikan apresiasi atas inisiatif Drs H Rusli selaku kepala KUA yang secara intens membangun komunikasi dengan Kanwil Kemenag untuk terwujudnya pembangunan gedung. Camat juga menghimbau kepada seluruh keuchik dan tokoh masyarakat untuk memamfaatkan dan memberdayaan gedung yang telah di bangun. Jangan ada lagi kegiatan nikah liar yang tidak di akui oleh negara, mari  menikah secara resmi di KUA, harapnya.

Turut hadir pada acara peresmian KUA Darul Imarah anggota DPRA Drs Abdurrahman Ahmad, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Drs Marzuki A, MA dan para kepala bidang, muspika Darul Imarah, kepala KUA se Aceh Besar dan undangan lainnya.

Penulis
Kontributor
Editor
Ranita dan Amnia

Jumlah Pembaca