Lompat ke isi utama
x

Kemenag Tuban Gelar Sosialisasi Simulasi CAT Petugas Haji

tbn

Tuban (PHU)--Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang digawangi oleh Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar Sosialisasi Simulasi Computer Assisted Test (CAT) Petugas Haji 2023, di Gedung PLHUT Kemenag Tuban, Senin (16/01/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, saat dihubungi terpisah menjelaskan ada 25 orang mengikuti kegiatan ini.

"Ada 25 orang yang ikut kegiatan ini dan akan mengikuti tes besok pagi, dengan rincian Formasi Ketua Kloter 10, Pembimbing Ibadah Kloter 6, Pelayanan Konsumsi 4 dan Pelayanan akomodasi 5 orang," jelasnya.

Munir menyampaikan CAT merupakan sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi. "Untuk besok peserta menggunakan hp android atau IOS," jelasnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin menambahkan dari 30 pendaftar 30 pendaftar 25 orang terverifikasi.

Persiapan peserta diantaranya hp menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0, aplikasi sudah terinstal di handphone peserta, paket data masih tersedia dan berlaku (panitia Kemenag tidak menyediakan koneksi internet), RAM HP minimal 2 GB dan storage memiliki ruang kosong minimal 1 GB.

Selain itu baterai HP tidak bermasalah dan terisi penuh, pastikan aplikasi update operating tidak berjalan dan tidak sedang update aplikasi lain. Pastikan juga tidak ada yang menghubungi nomor telepon yang akan digunakan peserta saat ujian berlangsung (disarankan memakai sim card baru).

Kemudian pastikan data yang ada di sistem benar terutama pada jenis layanan yang dipilih misalnya ketua kloter pembimbing ibadah dan PPIH Arab Saudi dan memilih operator seluler yang memiliki signal yang baik dan stabil di tempat tes CAT. (Lai)

Penulis
Laidia Maryati
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca