Lompat ke isi utama
x

Menag akan Perjuangkan Zamzam Lebih 5 Liter Tahun Depan

Menag

Makkah (PHU)--Sejumlah jemaah haji Indonesia sudah mulai memasuki fase pemulangan ke Tanah Air, untuk menyambut kedatangan jemaah di tanah air, Kementerian Agama juga telah menyiapkan prosesi penyambutan sehingga jemaah bisa lebih Fresh dan kembali ke rumah bisa bahagia. Jemaah juga akan langsung mendapatkan 5 liter air Zamzam setiba di asrama haji.

Terkait Zamzam, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan Zamzam lebih dari 5 liter.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Gus Men sapaan akrabnya usai berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek jemaah haji, Minggu (17/7/2022) dini hari.

Usai rangkaian haji, Gus Men mengaku akan kembali ke Arab Saudi untuk bertemu menteri Haji. Salah satunya untuk minta jarah lebih Zamzam untuk jemaah Indonesia.

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” ujarnya.

Bagi jemaah Indonesia, jatah Zamzam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Ini pula yang membuat banyak jemaah yang tetap nekat memasukkan Zamzam ke dalam koper.

“Mengapa jemaah memaksa bawa Zamzam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jemaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas. Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jemaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” kata dia.

Penulis
Kontributor
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca