Lompat ke isi utama
x

Menyambut baik Kebijakan Saudi Terkait Kuota Haji, kakanwil; Melakukan Persiapan secara Maksimal

Manado

Manado (PHU) - Kakanwil menyampaikan, pada Minggu (8/01/23) kemarin, kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M antara Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah ditandangani oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah dengan kesepakatan jumlah kuota haji sebanyak 221 ribu tanpa pembatasan usia.

Sebagaimana diketahui, karena pandemi, pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji. Saat itu, Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji 2022 di bawah 65 tahun. 

Kakanwil mengapresiasi adanya kebijakan kesepakatan tersebut, khususnya kepada Menag yang terus mengupayakan kemajuan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya penambahan kuota haji.

Oleh karena itu, ia berharap ASN Kemenag Sulut khususnya yang bertanggung jawab mengurusi haji agar dapat mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji ini dan melakukan persiapan secara teknis. Ia juga meminta untuk segera berkoordinasi dengan instansi terkait terutama dalam hal penyediaan transportasi agar pelaksanaan ibadah haji dari proses keberangkatan hingga kepulangan dapat berjalan dengan baik.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir kendala dan menghindari sorotan publik. Sebab menurutnya, meskipun ibadah haji merupakan agenda rutin setiap tahun, tetapi kendala dalam pelaksanaannya masih selalu ada sehingga diperlukan persiapan yang matang.

Penulis
Humas Manado
Editor
Ranita Erlanti Harahap & Winda Galuh Desfianti

Jumlah Pembaca