Lompat ke isi utama
x

Mobil Layanan Haji Siap Jemput Bola Datangi Calon Jemaah Haji Pessel

ps

Pessel (PHU)--Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memberikan pelayanan ibadah haji kepada masyarakat di Kecamatan Bayang melalui mobil operasional layanan haji.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Betriadi mengatakan mobil operasional layanan haji ini merupakan inovasi dari Kemenag dalam mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat khususnya calon jemaah haji.

“Sehingga calon jemaah haji yang dari kecamatannya jauh tidak perlu lagi datang ke kantor kemenag untuk melakukan pendaftaran, karena mobil pelayanan haji akan mendatangi setiap kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pesisir Selatan ini," ungkap Betriadi. Selasa (9/8/2022).

"Semua ini kita lakukan demi untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, terutama calon jemaah haji," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang terkendala jarak untuk mendaftar haji atau sekedar mencari informasi terkait penyelenggaraan haji.

"Ini dikarenakan kondisi geografis Kabupaten Pesisir Selatan yang memanjang, karenanya dibutuhkan penunjang yang memadai seperti mobil operasional yang dilengkapi dengan kebutuhan layanan, dan tidak memberatkan masyarakat dalam berurusan," terang Betriadi.

Selain itu kita juga mensukseskan salah bentuk inovasi pelayanan haji. Disamping pelayanan pendaftaran, mobil operasional layanan ini juga berfungsi sebagai sarana informasi tentang ibadah haji, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan jemaah yang telah mendaftar," lanjutnya.

Tidak hanya mendaftar saja, masyarakat setempat, Rahmi juga sangat antusias mendatangi mobil operasional layanan haji untuk melakukan konsultasi terkait kegiatan ibadah haji.

"Program ini sangat mempermudah masyarakat untuk melakukan pendaftaran dan konsultasi tentang seputaran haji," ujarnya setelah melakukan konsultasi haji.

Salah seorang calon jemaah haji, Refnita asal Pasar Baru menuturkan, dengan adanya mobil operasional layanan haji ini dirinya tidak perlu harus datang ke kantor kemenag.

Refnita berharap, mobil operasional layanan haji ini dapat memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, baik itu calon jemaah haji yang akan melaksanakan pendaftaran, maupun yang akan konsultasi mengenai ibadah haji.

"Kami sangat mengapresiasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan pendaftaran haji dan juga yang membutuhkan informasi mengenai ibadah haji," ujar Refnita. (zn)

Penulis
Afnizon-Kemenag Pessel
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca