Lompat ke isi utama
x

Stafsus Menag Minta Moderasi Beragama Disisipkan dalam Materi Bimsik Haji dan Umrah

gus alex

Bogor (PHU)—Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz meminta penguatan moderasi beragama disisipkan kedalam materi bimbingan manasik haji dan umrah.

Demikian diungkapkannya saat menjei pembicara acara Sosialisasi Moderasi Beragama Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bogor. Senin (19/9/2022).

“Jangan ada pembimbing haji memberikan materi manasik yang menyesatkan kepada jemaah haji dan umrah apalagi dengan dalih moderasi beragama,” kata Gus Alex sapaan akrabnya.

Ia mencontohkan ada beberapa kasus dengan dalih moderasi beragama yang terjadi saat musim hajibtahun ini misalnya ada pembimbing yang ditanya jemaah apa yang didahulukan antara tawaf dan sa’i?. “Kemudian dijawab bisa tawaf atau sa’i dahulu,” kata Gus Alex menirukan jawaban pembimbing tersebut.

Dengan penguatan moderasi beragama kata dia, ia berharap dapat meningkatan kualitas penyelenggaraan haji dan umrah dengan menerapkan hukum fikih yang bertumpu pada pertimbangan realitas sosial, guna menghadirkan kemaslahatan bersama
sebagai wujud Islam rahmatan lil alamin. 

“Saya berharap ada peningkatan kualitas penyelenggaraan haji dan umrah dengan menerapkan hukum fikih,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan orientasi pelopor ini bertujuan membentuk role model moderasi beragama. Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat terbentuk ASN yang mempunyai cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat dan menaati konstitusi.

“Meningkatkan penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam persepktif moderasi beragama pada ASN,” tandasnya.

 

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca