26.077 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah

Ditulis oleh anggoro husni pada Kamis, 11 Juli, 2019

Madinah (PHU) - Jumlah jemaah haji yang tiba di Madinah terus bertambah. Hingga Kamis (11/07), pukul 07.43 waktu Arab Saudi (WAS), jemaah haji yang tiba melalui Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah mencapai 26.077 orang.

Kedatangan jemaah tersebut berasal dari 64 kloter dari rencana sebanyak 76 kloter yang diberangkatkan dari Tanah Air. Adapun jumlah petugas yang mengiringi tercatat sebanyak 360 orang.

Mengutip data Siskohat DJPHU, jemaah haji tersebut merupakan gelombang pertama, yang antara lain berasal dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jakarta Bekasi, Solo, Surabaya, Batam, Palembang, Padang, Solo, Ujung Pandang dan Banjarmasin. Kedatangan para jemaah haji menggunakan dua maskapai, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Dari total jumlah tersebut, jemaah yang meninggal dunia di Madinah sebanyak 3 orang. Ketiganya bernama, Sumiyatun bin Sowikromo Sutardjan, Khairil Abbas bin Salim dan Mudjahid Damanhuri Mangun.

"Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti (kedatangan), hanya kendala-kendala kecil dan itu pun langsung kita bisa menyelesaikan dalam waktu cepat," jelas Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Madinah.

Dia mencontohkan, sempat terjadi masalah terkait visa jemaah haji yang tercatat dilaporkan ganda. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, masalah tersebut hanya terkait dengan kendala teknis.

"Setelah kita komunikasikan dengan baik dan pihak imigrasi Arab Saudi itu juga tidak menjadi masalah," tegas Kadaker.(mch/ha)


Scroll to Top