Apresiasi Penyelenggaraan Haji 2017, DPR Harap Tahun Depan Penetapan BPIH Lebih Awal

Ditulis oleh anggoro husni pada Selasa, 07 November, 2017

Jakarta (PHU)--Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher mengapresiasi sukses penyelenggaraan haji 1438H/2017M. Sukses itu semakin lengkap seiring kenaikan indeks kepuasan jemaah haji hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS).

“Pelaksanaan haji telah sukses tahun ini,” kata Ali Taher saat memberikan sambutan pada Rapat Kerja Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1438H/2017M di Marlynn Park Hotel Jakarta. Senin (6/11/2017)

Menurut Ali, DPR bersama Kementerian Agama akan segera membahas anggaran penyelenggaraan haji tahun depan. Hal ini dimaksudkan agar penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bisa dilakukan lebih awal.

“Jika pembahasan dilakukan lebih awal, maka ini akan memudahkan kita untuk melakukan perencanaan termasuk persiapan-persiapan yang lebih baik. Hal itu juga akan memberikan manfaat besar agar lebih efisien dan juga efektif,” ucapnya.

Meski mengapresiasi, Dia juga menyampaikan sejumlah catatan evaluasi. Dirinya berharap, kualitas layanan petugas pembimbing ibadah bisa ditingkatkan. Mengutip data BPS, Ali mengatakan bahwa 54% umat Islam di Indonesia masih buta baca Quran.

Kondisi ini tentu akan berpengaruh juga terhadap kegiatan ibadah jemaah di Tanah Suci, dan karenanya dibutuhkan pembimbing ibadah yang berkualitas.

Ali Taher menilai, bimbingan ibadah yang selama ini dilakukan belum mampu meningkatkan kemampuan jemaah untuk menghayati pengamalan pengamalan ibadah di Tanah Suci.

Evaluasi lainnya terkait kerjasama tim lintas sektor. Ali melihat koordinasi informasi dan sinergisitas program di antara para petugas petugas haji perlu ditingkatkan. (ha/ha)


Scroll to Top