INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

BJ Habibie Wafat, Daker Madinah Gelar Tahlil dan Doa Bersama

Ditulis oleh anggoro husni pada Kamis, 12 September, 2019

Madinah (PHU)—Mantan Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto dalam usia 83 tahun. Habibie meninggal dunia, Rabu (11/09) pada pukul 18.05 WIB.

Tak ketinggalan, seluruh petugas haji yang bertugas di Daerah Kerja Madinah dan Bandara menggelar doa bersama untuk mendoakan Almarhum.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali mengatakan tahlil dan doa bersama ini merupakan kontribusi para petugas haji terhadap keprihatinan meninggalnya seorang tokoh nasional yang menjadi pelopor dalam demokrasi teknokrat.

“Iya ini bagian dari kontribusi kita terhadap keprihatinan meninggalnya seorang tokoh nasional BJ Habibie yang menjadi pelopor dalam demokrasi, teknokrat, dan seterusnya,” kata Nizar di Madinah. Rabu malam (11/09).

Sehingga, kata dia, kontribusi para petugas haji ini hanya memberikan doa kapada almarhum agar mendapatkan tempat di sisi Allah SWT mendapatkan balasan surga.

“Sehingga tradisi kita dalam operasional haji bila ada tokoh nasional ataupun tokoh agama meninggal maka wujud dari kontribusi kita ya kita hanya memberikan doa kepada mendiang almarhum agar mendapatkan tempat di sisi Alloh swt mendapatkan balasan surga,” tuturnya.

Menurut Nizar, kepergian Mantan Menteri Riset dan Teknologi era Presiden Soeharto ini tidak hanya dirasakan oleh Kementerian Agama saja, tapi juga bangsa ini telah kehilangan tokoh teknokrat Indonesia.

“Saya rasa tidak cuma Kemenag tapi bangsa ini kehilangan tokoh yang sangat demokratis kemudian memperkenalkan teknologi untuk pertama kali kepada negara kita karena itu kita merasa kehilangan seorang tokoh tersebut,” ujar Nizar.

Beberapa waktu lalu, ulama kharismatik Indonesia KH Maimoen Zubair wafat di Makkah saat akan menunaikan ibadah haji. Pemerintah dalam hal ini Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga ikut serta dalam seluruh proses memfasilitasi tempat duka sampai dengan pemakamannya.

“Yang jelas kemarin ada KH Maimoen Zubair ketika meninggal kan sama juga banyak yang mereka lakukan layat sampai ke pemakamannya. Pokoknya setiap ada tokoh nasional tahun kemarin ada juga dalam konteks ini termasuk doa bersama untuk keselamatan bangsa,” pungkasnya.

Hadir dalam tahlil dan doa bersama ini Direktur Bina Haji Khoirizi, Kadaker Madinah Akhmad Jauhari serta seluruh petugas haji.(mch/ha)


Scroll to Top