INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Dirbina Haji Paparkan Catatan Haji Tahun Lalu

Ditulis oleh Abdul Basyir pada Rabu, 26 Juni, 2019

Pontianak (PHU)---Catatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M dipaparkan oleh Direktur Bina Haji, Khoirizi saat memberikan materi pada Peningkatan Kualitas Petugas Kloter Tahun 1440H/2019M Provinsi Kalimantan Barat. Paling tidak terdapat 10 catatan diuraikannya kepada para petugas kloter dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) di Provinsi Kalimantan Barat.

"Ada catatan penting dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Petugas kloter dan TPHD/TKHD harus memahaminya supaya dapat membantu memperbaiki kualitas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini," kata Khoirizi di hadapan 30 petugas yang menyertai jemaah haji pada kloter asal Kalimantan Barat di hotel Orchad Pontianak, Rabu (26/6/2019).

Perbaikan infrastruktur menjadi catatan utama dalam penyelenggaraan haji tahun lalu, sebagaimana dituturkan oleh Khoirizi. Berikutnya perlu adanya screening status jemaah haji serta perubahan sistem sewa akomodasi di Arab Saudi.

"Tahun ini jumlah hotel di Madinah yang disewa full musim sudah lebih banyak. Dan semuanya di wilayah markaziyah semoga dapat meningkatkan kualitas ibadah jemaah haji," ujar Khoirizi menambahkan.

Dia juga menjelaskan perlunya reposisi pergerakan petugas haji. Hal itu untuk mendukung operasinal puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Sarana dan prasarana petugas juga harus ditingkatkan. Selain itu peranan TPHD dan TKHD harus ditingkatkan pula," tegasnya.

Berikutnya Khoirizi juga menyatakan bahwa Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) harus diberdayakan agar pengelolaan dan pembimbingan ibadah jemaah lebih mudah. Lalu dia menegaskan pentingnya peningkatan sistem pembinaan jemaah haji.

"Pendistribusian buku manasik kepada jemaah haji juga menjadi perhatian kami. Diupayakan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Terakhir kami mencatat upaya memperkuat Petugas Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH) dan tim konsultan ibadah," paparnya.

Di penghujung materinya, Khoirizi berpesan agar petugas kloter dan TPHD/TKHD saling bersinergi dalam bekerja. "Selalu tingkatkan komunikasi, koordinasi, dan pegang teguh komitmen bertugas untuk melayani tamu Allah," tandasnya. (ab/ab).


Scroll to Top