Hari Arafah, Dubes RI Ingatkan Pesan Kemanusiaan Rasulullah

Ditulis oleh anggoro husni pada Minggu, 11 Agustus, 2019

Arafah (PHU) --- Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan persamaan hak. Salah satunya, pesan kemanusiaan telah disampaikan oleh Rasulullah SAW saat memberikan khutbah pada haji wada nya 1430 tahun silam.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia Untuk Arab Saudi Berkuasa Penuh Agus Maftuh Abegebriel saat memberikan sambutan jelang wukuf Arafah. "Saya ingin mengajak kita semua untuk merenungi kalimat yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW pada 1430 tahun yang lalu," tutur Dubes (09/08).

Kala itu menurut Dubes, Rasul hadir dan mengendarai khutbah di Arafah dengan mengendarai unta. "Saat itu Nabi berpesan dengan bahasa universal. Wahai manusia sesungguhnya darahmu, harta mu dan dignity mu, harga dirimu terproteksi, termuliakan, tidak boleh ditumpahkan darahnya, tidak boleh diambil hartanya, tidak boleh dirusak harga dirinya. Sebagaimana mulianya hari Arafah, sebagaimana mulianya bulan Zulhijjah, sebagaimana mulianya al haramain ini," ujar Agus menceritakan kisah tersebut.

Menurutnya, dengan kisah tersebut jelas sekali bahwa Islam amat menjunjung nilai kemanusiaan. "Dan khutbah kemanusiaan itu telah disampaikan Kanjeng Nabi lebih dari 1430 tahun yang lalu. Ini yang perlu dijadikan teladan," kata Agus.

Pada kesempatan tersebut Agus juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh jemaah Indonesia. "Sebagai Pelayan jemaah haji di Arab Saudi, kami ucapkan selamat datang. Marhaban di bumi Arafah," ujarnya.(mch/ha)


Scroll to Top