Humas Kemenag Latihan Menulis Berita di Media Indonesia

Ditulis oleh Abdul Basir pada Kamis, 09 November, 2017

Jakarta (PHU)---Kementerian Agama bekerjasama dengan Media Indonesia melatih para 'jurnalis' kehumasan Kemenag selama dua hari, 9-10 November 2017.  Bertempat di Gedung Media Indonesia Kedoya Jakarta Barat, para penulis berita dari berbagai unit eselon I dan daerah digembleng kemampuan menulisnya oleh para narasumber profesional.

 

Abdul Kohar,  pemimpin redaksi Metro Tv News.com menyajikan materi dengan cukup menarik.  Di hadapan 15 peserta Kohar merefresh kembali kemampuan olah bahasa penulis berita Kemenag dengan materi Teknik Menulis.

 

"Pilih judul yang komunikatif,  simpel,  menarik,  dan jangan bombastis," ujar Kohar,  Jakarta (9/11/2017).

 

Kohar juga memberikan tips menulis berita dengan cara memilih kalimat yang ekonomis. "Penulis harus berprinsip ekonomi kata,  jangan boros berkalimat.  Gunakan sesuai kaidah bahasa," tambahnya.

 

Dia juga mengkiritisi portal lembaga pemerintah yang terlalu menonjolkan sisi seremonial dan pejabatnya.

 

"Bila meliput seremoni pimpinan jangan ditonjolkan sisi seremonialnya tapi ambil substansi yang lebih menarik untuk diketahui publik," kata Kohar.

 

Selain materi ruangan para peserta juga diajak berkeliling ke berbagai ruangan media. Selama kurang lebih satu jam 'media tour' peserta berlatih membuat caption foto dengan hunting di berbagai lokasi.

 

Anggoro salah satu peserta dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umrah mengaku senang mengikuti kegiatan ini. "Bagi saya kegiatan ini sangat bagus, menarik, dan bermanfaat," tutur Anggoro di sela-sela kegiatan. (ab/ab).


Scroll to Top