Jabar Kembali Gelar Sertifikasi Pembimbing

Ditulis oleh Abdul Basir pada Kamis, 07 Desember, 2017

Bekasi (PHU)---Pembimbing haji yang profesional mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan pembinaan ibadah kepada jemaah haji. Proses sertifikasi pembimbing haji terus dilakukan oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) di berbagai daerah termasuk Jawa Barat.

Seperti hari ini, Kamis (7/12/2017) sedang dibuka kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat di asrama haji Bekasi.

"Penyelenggaraan sertifikasi pembimbing manasik haji di Jabar kali ini merupakan angkatan yang kelima," ujar Ajam Mustajam, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Barat di asrama haji Bekasi, Kamis (7/12/2017).

Kegiatan sertifikasi pembimbing angkatan kelima ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Salah satu peserta dari Kememag Kabupaten Majalengka Asep Saepul Bahri Majalengka mengaku sangat siap mengikuti proses selama 10 hari ke depan.

"Saya sudah sangat bersyukur dapat lolos sampai ke sini. Sebelumnya saya mendaftar secara online lalu mengikuti seleksi dan wawancara di UIN Bandung," tutur Asep setelah mengikuti pre test.

Menurut Asep, soal pre test yang baru saja dikerjakan memiliki tingkat kesulitan yang relatif sedang.

"Soalnya ada 100 butir berisi regulasi, fiqih haji, bahasa Arab dan Inggris," imbuh Asep.

Seluruh peserta berasal dari Kemenag Kabupaten/Kota di Jabar. Mereka sekaligus berkesempatan menginap di Gedung Mina E (baru) yang memiliki fasilitas taraf hotel berbintang. (ab/ab).


Scroll to Top