INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Jemaah Haji Pecah Hotel, Arsyad Hidayat : Petugas Bandara Sudah pilah Bagasi Sesuai Hotelnya

Ditulis oleh anggoro husni pada Kamis, 11 Juli, 2019

Madinah (PHU)—Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat mengklaim proses kedatangan jemaah haji Indonesia hingga hari ke-5 lancar. Sebab, tahun ini bagasi jemaah telah ditangani oleh perusahaan ekspedisi. Bagasi jemaah akan langsung diantar ke masing-masing hotel.

"Jadi jemaah ketika turun hanya membawa tas tentengan atau tas troli," katanya.

Arsyad mengakui bahwa tidak semua kloter jemaah haji ditempatkan dalam satu hotel. Ada beberapa kloter yang dipecah ke dalam dua penginapan. Namun hal itu tidak menjadi kendala dalam distribusi bagasi jemaah. Petugas sejak di bandara telah memilah-milah bagasi masing-masing jemaah sesuai dengan hotel yang ditempati.

Khusus kursi roda, kata Arsyad, pengambilan dan pendistribusiannya dilakukan di terminal Internasional.

"Termasuk kursi roda dan tongkat juga menjadi perhatian kami saat ketibaan barang bagasi. Agar segera diantarkan ke hotel jemaah karena pasti dibutuhkan," katanya.

Jemaah kembali diingatkan untuk tidak membawa uang terlalu banyak. Untuk Arab Saudi, uang paling banyak yang boleh dibawa jemaah sebesar 60.000 riyal atau sekitar Rp200 juta-an lebih.

"Dari pemerintah kan sudah disiapkan juga setiap jamaah haji itu living cost sebesar 1.500 riyal dan itu segera cukup untuk dibelanjakan khususnya makanan pada fase-fase menjelang wukuf di Arafah," katanya.

Sementara itu, hingga Rabu (11/07) pukul 07.58 Waktu Arab Saudi (WAS), total jemaah haji yang telah tiba di Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz Madinah sebanyak 26.007 orang. Mereka berasal dari 64 kloter.(mch/ha)


Scroll to Top