INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Khoirizi : Peran Media Dapat Ubah Gaya Hidup dan Budaya Jemaah Haji

Ditulis oleh anggoro husni pada Senin, 24 Juni, 2019

Jakarta (PHU)—Direktur Bina Haji Kemeterian Agama Khoirizi menegaskan peran media massa dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat besar, media massa menurutnya dapat mengubah gaya hidup atau budaya jemaah dengan cara mempengaruhi cara berpikir jemaah baik secara positif maupun negatif.

Demikian dikatakannya saat menjadi pembicara dihadapan para awak media yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) di Gedung Kemenag Lapangan Banteng Jakarta. Senin (24/06).

“Media massa diharapkan dapat mengubah gaya hidup atau budaya jemaah dengan cara mempengaruhi cara berpikir jemaah baik secara positif maupun negatif,” kata Khoirizi.

Selain dapat mengubah gaya hidup, Khoirizi juga berpendapat peran media dapat juga bertangungjawab dalam pembentukan pola fikir dan tindak tandak jemaah didalam masyarakat.

Dia berpendapat, masalah krusial dalam penyelenggaraan haji ini adalah distorsi. Saat ini kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat sering kali tidak sampai ke daerah-daerah. Maka itu ia berharap peran petugas MCH dapat menjadi agen informasi kepada masyarakat khususnya jemaah calon haji.

“Sehingga MCH bisa memviralkannya, karman setelah memasuki era kebebasan pers maka keterbukaan informasi menjadi hak jemaah,” ujarnya.

Khoirizi berharap kehadiran media ditengah operasional ibadah haji dapat memberikan informasi yang faktual sebagai sebuah kebutuhan dalam rangka mengedukasi bukan memprovokasi masyarakat.

“MCH sebagai undur terdepan untuk mengkonter informasi yang tidak benar (hoax) dan memberlrikan klarifikasi yang faktual,” pungkasnya.(mch/ha)


Scroll to Top