Khoirizi: Tingkatkan Sinergi KB dan Kemenag

Ditulis oleh Abdul Basir pada Jumat, 24 November, 2017

Palembang (PHU)---Direktur Bina Haji, Khoirizi HD menjadi pembicara tunggal pada pembinaan Kelompok Bimbingan (biasa disebut KBIH) yang dilaksanakan di ruang rapat Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum'at (24/11/2017) digelar Kemenag bersama Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan. Peserta yang hadir mewakili 51 Kelompok Bimbingan (KB) di provinsi.

Materi disampaikan dengan santai dan penuh rasa kekeluargaan oleh Khoirizi. Menurut Khoirizi tugasnya sebagai Dirbina Haji sangat berat karena menyangkut urusan dunia akhirat.

"Saya menerima amanah yang tidak ringan karena menyangkut keabsahan nilai ibadah yang akan ditagih di akhirat," kata Khoirizi mengawali materinya, Palembang, Jum'at (24/11/2017).

"Kita harus belajar dari perjalanan haji leluhur kita masa lalu. Dulu hampir tidak pernah muncul masalah karena niat haji mereka murni untuk ibadah dan mengaji menuntut ilmu agama dari tanah suci," tambahnya.

Meskipun ada nilai ekonomi dalam pelayanan bimbingan ibadah dalam KB, Khoirizi meminta semua pengurus KB mengedepankan nilai ibadah.

"Kita jangan hanya terpaku dalam sisi ekonomi dan hanya fokus pada pelayanan, harus utamakan nilai ibadah karena itulah inti penyelenggaraan haji," ujar Direktur yang asli Sumatera Selatan ini.

Khoirizi juga mengapresiasi kinerja KB yang telah banyak membantu pemerintah dalam membimbing jemaah. Dia berharap sinergi antara KB dan Kemenag bisa lebih ditingkatkan.

"KB harus meningkatkan sinergi dengan Kemenag dalam memberikan pembinaan ibadah kepada jemaah," tuturnya.

Selain itu, Khoirizi juga meminta semua KB agar taat hukum sesuai regulasi haji. "Semua KB wajib berpedoman kerja pada peraturan yang ada, juga harus selalu koordinasi dengan Bidang PHU Kanwil," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Khoirizi didampingi Kepala Bidang PHU Janaludin dan Kepala Seksi Pembinaan Kuwat Sumarno.

Di akhir materi Khoirizi juga berdiskusi dengan para pengurus KB. Ada beberapa permasalahan yang hangat dibahas seperti pendampingan jemaah haji lansia, pembimbing ibadah dari KB, dan hal lain seputar pelaksanaan ibadah haji. (ab/ab).


Scroll to Top