Kini Umrah Dapat Terbang Langsung Dari Palembang

Ditulis oleh Abdul Basir pada Jumat, 24 November, 2017

Palembang (PHU)---Masyarakat Sumatera Selatan kini dapat berumrah langsung dari Palembang. Tidak seperti sebelumnya jemaah umrah yang harus melalui Jakarta untuk berangkat ke tanah suci.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) pada forum bersama Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di hotel Arista Palembang, Jum'at (24/11/2017).

"Sesuai cita-cita Bapak Gubernur Sumsel dan keinginan seluruh masyarakat, kini umat Islam yang akan berumrah bisa langsung terbang dari Palembang ke Jeddah dan Madinah," kata Janaluddin di Palembang, Jum'at (24/11/2017).

"Jika pemerintah dapat membuat selisih BPIH dari Jakarta dan Palembang sekitar US $100, maka idealnya PPIU dapat membuat selisih harga umrah yang lebih banyak," imbuhnya.

Janaluddin di hadapan para perwakilan 27 PPIU dan pejabat Pemprov Sumsel juga meminta semua PPIU mematuhi program nasional lima pasti umrah.

"Semua pengelola PPIU harus berhati-hati menyelenggarakan umrah, tetap berpegang pada program lima pasti," ujarnya.

Lebih lanjut Janaluddin juga mengingatkan agar tidak membuat heboh masyarakat dengan promo umrah murah yang tidak menjamin perlindungan jemaah dan kepastian keberangkatan.

"Tidak ada waitinglist untuk umrah, jemaah daftar sekarang, bayar sekarang, dan berangkat sekarang. Jangan ada penundaan keberangkatan umrah," tegasnya.

Saat ini sudah ada satu maskapai penerbangan nasional yang melayani rute penerbangan langsung dari bandara Palembang ke Arab Saudi. Seperti dituturkan oleh Kepala Seksi Pembinaan, Kuwat Sumarno.

"Lion Air sudah mulai beroperasi mulai bulan ini. Tiap hari Senin terbang langsung ke Arab Saudi," ujar Kuwat.

Saat ini sedang ada penawaran dari Saudi Air yang akan membuka rute Palembang Jeddah atau Madinah. Kuwat berharap akan ada banyak maskapai yang melayani penerbangan umrah masyarakat Sumatera Selatan. (ab/ab).


Scroll to Top