Menag Tandatangani MoU Penyelenggaraan Haji 2019

Ditulis oleh Abdul Basyir pada Selasa, 11 Desember, 2018

Makkah (PHU)---Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin telah tandatangani Mou Penyelenggaraan Haji 1440 H/ 2018M dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Muhammad Sholeh bin Taher Bantan di Makkah, Senin (10/13) siang waktu setempat.

Penandatanganan MoU ini diawali dengan pertemuan antara Menag Lukman Hakim Saifuddin dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi beserta beberapa jajaran. Pada pertemuan itu dibahas tindak lanjut dari penyampaian poin-poin kesepakatan dan usulan pada MoU.

Saat pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, hadir bersama Menteri Agama, Direktur Jenderal PHU Nizar Ali, Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khairizi, dan beberapa pejabat eselon III pada Direktorat Jenderal PHU. Hadir pula pada kesempatan itu Konjen RI Jeddah Muhammad Heri Saripudin dan Staf Teknis Haji 1 Endang Jumali.

Setelah penandatanganan MoU Menteri Agama menyampikan rasa syukur karena telah disambut di Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi dengan sangat baik.

“Selaku Menteri Agama dan mewakili pemerintah Republik Indonesia kami sangat bersyukur diterima yang mulia Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi untuk membicarakan persiapan haji tahun 2019," kata Menag.

Pada kesempatan yang sama, Menag juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan haji tahun 2018 sudah sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari indeks kepuasan jemaah haji Indonesia yang mengalami peningkatan menjadi sangat memuaskan.

“Kami bersyukur bahwa pelaksanaan haji 2018 telah berjalan dengan baik, dan ini bisa dilihat dari indeks kepuasan jemaah haji Indonesia mengalami peningkatan," lanjut Menag.

Disampaikan Menag juga, bahwa baru kali ini jemaah menyampaikan bahwa mereka betul-betul merasa puas dengan pelayanan penyelenggara haji. Dan ini tentunya atas kerja keras dan layanan penyelenggaraan haji pemerintah Indonesia dan dari pihak Arab Saudi. (za/ab).


Scroll to Top