INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Menag Upayakan Biaya Haji Tidak Naik

Ditulis oleh anggoro husni pada Selasa, 12 November, 2019

Jakarta (FKAPHI)— Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengatakan dalam menyusun proyeksi keuangan dan penetapan biaya haji untuk tahun mendatang, harus berupaya agar tidak ada kenaikan. 

“Pada prinsipnya, harus berupaya agar biaya tidak lebih tinggi atau minimal sama dengan biaya haji terakhir,” ujar Menag di media online Kemenag, Senin  (11/11). 

Pesan ini disampaikan Menag saat menerima Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta Pusat.

Ia juga mengingatkan bahwa pengelolaan dana haji harus dilakukan dengan hati-hati dan bertanggung jawab. 

“Pada pengelolaan dana haji, yang terpenting harus betul-betul berhati-hati. Karena pada dasarnya ini adalah dana umat, yang pertanggungjawabannya bukan saja hanya kepada manusia, namun kepada Allah. Kalau saya, memilih yang paling aman saja dan paling tidak beresiko,” tutur Menag. 

Sesuai UU 34/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, lembaga yang bertugas mengelola keuangan haji adalah BPKH. Pengelolaan keuangan haji meliputi penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban keuangan haji. (ar/ha)


Scroll to Top