Pelunasan BPIH Tahap IV Dimulai

Ditulis oleh Abdul Basyir pada Kamis, 20 Juni, 2019

Jakarta (PHU)--- Kementerian Agama melakukan perpanjangan atau penambahan waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler. Langkah tersebut diambil untuk mengisi sisa kuota setelah pelunasan 10.000 kuota haji tambahan.

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 268 Tahun 2019, perpanjangan waktu pelunasan pada tanggal 20-25 Juni 2019. Selain itu ditetapkan pula petunjuk teknis pengisian sisa kuota haji dan jumlah sisa kuota haji masing-masing provinsi.

Pengisian sisa kuota masing-masing dijelaskan dalam Diktum Keempat Keputusan tersebut sebagai berikut:
1. Jemaah haji berhak lunas tahun berjalan dan jemaah haji cadangan yang mengalami kegagalan pembayaran BPIH pada tiga pelunasan sebelumnya.
2. Jemaah haji lanjut usia minimal 75 tahun beserta pendampingnya.
3. Nomor porsi berikutnya yang berstatus sebagai cadangan sebanyak 10% dari sisa kuota tambahan masing-masing provinsi.
4. Nomor porsi berikutnya dalam urutan provinsi dan kabupaten/kota.

Namun apabila pengisian kuota tetap tidak bisa penuh maka akan dibuka perpanjangan pelunasan kembali, sebagaimana disebutkan dalam Diktum Keenam. Perpanjangan waktu pelunasan BPIH reguler tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2019.

Sedangkan petunjuk teknis pelunasan BPIH bagi sisa kuota haji mengacu pada regulasi sebelumnya yaitu Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 117 Tahun 2019.

Perpanjangan waktu pelunasan BPIH untuk mengisi sisa kuota bagi 1.317 jemaah. Jumlah tersebut terdiri dari 607 sisa kuota dan 710 kuota cadangan.

Pada pelunasan BPIH reguler tahap keempat di hari pertama, Kamis (20/6/2019), terdapat 164 jemaah yang melunasi. 132 jemaah merupakan sisa kuota sedangkan 32 berasal dari jemaah cadangan. (ab/ab).


Scroll to Top