Raja Salman Apresiasi Petugas Haji Indonesia

Ditulis oleh anggoro husni pada Selasa, 07 November, 2017

Jakarta (PHU)—Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan Pemerintah Arab Saudi memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Indonesia, khususnya pihak-pihak yang terlibat dalam Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 2017 dalam melayani Jemaah hajinya dengan baik

Apresiasi tersebut disampaikan Agus dalam sambutan pembukaan Rakernas Evaluasi Haji di Hotel Merlynn Park, Jakarta pada Senin, (6/11/2017) kemarin.

Menurutnya, apresiasi ini disampaikan langsung oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Gubernur Makkah, dan bahkan disampaikan langsung oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

"Ketika saya ucapkan terima kasih kepada Raja Arab Saudi, dia pun menyampaikan terima kasihnya atas pelayanan baik dari Pemerintah Indonesia dalam melayani jamaahnya," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Makkah Khalid Al Faisal. Dia juga menitip salam untuk Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Menteri Haji Arab Saudi Muhammad Saleh Banten pun tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada Indonesia atas sukses penyelenggaraan haji 2017. Ucapan ini merupakan sejarah baru karena sebelumnya Dubes RI-lah yang mengucapkan terima kasih kepada Arab Saudi.

"Menteri Muhammad Saleh Benten menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Agama. Mereka sangat mengapresiasi segala usaha Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, dan juga kementerian atau lembaga lain yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji," kata Dubes.

"Ucapan terima kasih ini salah satunya atas kedisiplinan jemaah haji Indonesia yang dianggap sebagai jemaah haji paling disiplin di seluruh dunia," sambung Agus.

Rakernas tersebut dibuka oleh Menteri Agama dan dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali, pejabat eselon II di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, serta Kakanwil dan Kabid Haji se Indonesia.

Seperti diketahui, penyelenggaraan haji 2017 dinilai sukses. Berdasarkan indeks kepuasan jamaah haji hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kepuasan jamaah naik 1,02 poin di banding tahun sebelumnya.(ha/ha)


Scroll to Top