INFO

  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIREKTORAT PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KEMENTERIAN AGAMA

Tingkatkan Kualitas Pembimbing Haji, Ditjen PHU Kerjasama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

Ditulis oleh anggoro husni pada Rabu, 06 November, 2019

Jakarta (PHU)---Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama Sertifikasi Pembimbing Haji dengan UIN Ar-Raniry.

Bertempat di Ruang sidang 1, lantai 5 Gedung Kementerian Agama, penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. selaku Direktur Jenderal PHU dan Prof. Dr. H. Warul Walidin, AK MA selaku Rektor UIN Ar-Raniry.

Menurut Nizar, MoU antara Ditjen PHU dan UIN Ar-Raniry ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan ibadah haji dan umroh, baik dari sisi substansi pelaksanaan ibadah maupun menejemennya.

“Undang-Undang Haji dan Umrah yang baru diresmikan, salah satu sarat untuk menjadi pembimbing manasik haji harus memiliki sertifikat (sertifikasi). Terlebih lagi kita mewajibkan kepada pihak Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan Biro Travel Haji dan Umrah untuk memiliki pembimbing manasik haji yang bersertifikat,” kata Nizar

Salah satu tujuan dari sertifikasi, lanjut Nizar adalah untuk meningkatkan kualitas, kreativitas dan integritas pembimbing manasik haji agar mampu melakukan aktualisasi potensi diri dan tugasnya secara profesional dalam rangka mewujudkan jemaah haji yang mandiri baik dalam hal ibadah maupun perjalanan.

Dia berharap, Kedepannya kerjasama ini dapat memberikan kontribusi yang lebih bagi UIN Ar-Raniry serta bagi kemaslahatan umat dengan menghasilkan para pembimbing ibadah haji yang bersertifikasi dan profesional.

Sementara Rektor UIN UIN Ar-Raniry Warul Walidin menyatakan bahwa melalui penandatanganan MoU ini, Aceh sebagai daerah yang melaksanakan syariat islam menyambut baik dan berharap kerjasama ini dapat membawa UIN Ar-Raniry ke arah yang lebih baik.

“Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang memilki potensi besar harus bisa memanfaatkan peluang dengan maksimal yang tentunya berguna bagi kemaslahatan umat. Disamping itu pula, Aceh sebagai daerah yang melakanakan syariat Islam dapat melaksanakan hal ini secara kaffah,” ujarnya.

Turut hadir di dalam acara penandatanganan ini perwakilan pihak Ditjen PHU Direktur Bina Haji Khoirizi, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Maman Saepulloh dan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim. Sementara dari pihak UIN Ar-Raniry turut hadir Wakil Rektor I Gunawan Adnan, Kabiro AUPK Ibnu Sa’dan dan Wakil Dekan III Fakultas Dakwah T.Lembong Misbah.(as/ha)


Scroll to Top