Lompat ke isi utama
x

162 Jemaah Tunggu Kabupaten Sambas Ikuti Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

sbs

Sambas (PHU) --- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Sambas melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Sambas pada Rabu (16/11/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis. 

Dalam sambutannya, Muhajirin menyampaikan beberapa pesan kepada jemaah haji yang hadir.

"Pertama, jemaah haji harus sabar menunggu antrian keberangkatan. Kedua, jemaah juga harus ikhlas menerima penundaan karena adanya pandemi Covid-19," ujarnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama ini juga mengatakan bahwa sifat mabrur juga harus dicapai sebelum melaksanakan ibadah haji.

“Jemaah haji harus mabrur sebelum berhaji, karena kita adalah orang yang terpilih terseleksi secara alam oleh Allah SWT,” tutur Muhajirin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Sambas, Sipni, dalam sambutannya menjelaskan bahwa penentuan gelombang dan kloter keberangkatan jemaah untuk penyelenggaraan haji tahun depan akan diumumkan setelah adanya hasil rapat.

"Jika tidak ada halangan, penyelenggaraan haji tahun depan akan mulai memberangkatkan jemaah pada pertengahan bulan Mei tahun 2023, namun untuk gelombang berapa itu masih menunggu hasil rapat penentuan gelombang dan kloter keberangkatan," ungkap Sipni.

Turut hadir Bupati Sambas Hatono. Dalam sambutannya, ia mengingatkan jemaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dikarenakan haji merupakan ibadah fisik.

“Haji 90% itu adalah perbuatan/gerakan secara fisik. Oleh karena itu mulai dari sekarang jemaah haji harus mempersiapkan diri dengan berolahraga dan tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat,” pesan Hatono.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini diikuti oleh 162 jemaah haji tunggu se-Kabupaten Sambas.

Penulis
Ahadi
Editor
Mustarini Bella Vitiara

Jumlah Pembaca