Lompat ke isi utama
x

5 Jemaah Haji Dilepas Kepala Kemenag Bukittinggi

Bt

Bukittinggi (PHU)--Lima orang jemaah haji Kota Bukittinggi yang di berangkatkan ketanah suci tergabung dalam kelompok Terbang (Kloter) 8 Embarkasi Padang dilepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. EriIswandi, bersama Walikota yang diwakili Asisten I, Isra Yonza, Kamis (30/6/2022) di Aula kantor setempat.

Lima orang jemaah haji Kota Bukittinggi ini tergabung dalam Kloter 8 Embarkasi Padang, bersama jemaah haji Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Mentawai, Kabupaten Agam, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kota Payakumbuh, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan total jamaah dari Sumatera Barat 138 orang. Sisanya di tambah Jamaah Haji dari Kota Medan, Kota Bengkulu dan Kota Ujung Pandang, sehingga total keseluruhan jemaah pada Kloter VIII berjumlah 393 orang.

Kepala Kemenag Kota Bukittinggi Erilswandi dalam arahannya menyelipkan pesan agar seluruh jemaah haji khususnya yang berasal dari Bukittinggi diberkahi Allah dalam perjalanannya ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah dipagi yang cerah ini kita dapat berkumpul untuk melepas  lima orang jemaah haji Kota Bukittinggi untuk menunaikan Ibadah Haji di tanah suci. Bapak/ibu yang lima orang ini nantinya tergabung dalam Kloter 8 atau Kloter terakhir. Mudah-mudahan perjalanan ibadah bapak/ibuk nantinya di berkahi Allah SWT," tuturnya.

Selanjutnya kata H. Eri Iswandi, perjalanan Ibadah haji ini adalah salah satu bentuk do'a nabi Ibrahim saat mendirikan Ka'bah. Hal ini seperti yang gi jelaskan Allah dalam Al-Qur’an Surat Alhajj Ayat 27.

"Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh". Sekarang do'a Nabi Ibrahim tersebut terkabul, kita dapat melihat begitu besarnya keinginan umat islam untuk menunaikan ibadah haji dari segala penjuru segala penjuru dunia, termasuk bapak/ibuk yang akan di berangkatkan sekarang ini. Karena ini panggilan Allah SWT mari lurus kan niat untuk menunaikan ibadah di tanah suci walau teman-teman lain sudah diberangkatkan lebih dahulu," paparnya.

Terakhir, dirinya meminta sanak keluarga dan masyarakat Kota Bukittinggi untuk mendo'akan agar para jemaah haji ini bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, lancar dan sempurna sehingga pulang membawa haji yang mabrur.

"Selalu jaga kekompakan dan Ikhlas. Mudah-mudahan para Duyufurrahman senantiasa diberikan kesehatan dan bisa kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal afiat,” pungkasnya.

Asisten I Pemko Bukittinggi, Isra Yonza menyampaikan salam maaf walikota yang tidak bisa bertatap langsung dengan jemaah. Walikota berpesan bahwa pemerintah daerah menjamin pemberangkatan dan pemulangan jemaah sampai Embarkasi. "Pemberangkatan dan pemulangan Jama’ah Haji menjadi program pemerintah dan dianggarkan dalam apbd. Bapak/ibu merupakan duta yang mewakili warga Kota Bukittinggi dalam menunaikan ibadah haji. Kami berharap agar selalu mempertahankan kesehatan kekompakan dalam menunaikan ibadah haji," tuturnya.

Selanjutnya, Ia berpesan agar jemaah meluruskan niat untuk semata menunaikan ibadah sehingga memperoleh Haji Mabrur. "Mari ikuti arahan petugas dan selalu jaga kesehatan," tuturnya lagi

Penulis
Syafrial
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca