Lompat ke isi utama
x

512 Pelamar Rebutkan 5 Formasi CPNS Ditjen PHU

Skd

Jakarta (PHU)--Sebanyak 512 pelamar memperebutkan 5 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 dilingkungan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama

Dari 512 pelamar, 261 orang dipastikan lulus administrasi dan saat ini sedang mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Seleksi Kompetensi Dasar ini berlangsung di Gedung Nanggala Mako Kopassus Cijantung Jakarta Timur pada tanggal 23-28 Oktober 2021.

"261 pelamar yang mengikuti SKD hari ini (Minggu) adalah pelamar yang lulus seleksi administrasi CPNS dari 512 pelamar yang masuk panitia seleksi," kata Analis Kepegawaian Ditjen PHU Ahmad Mubasyir saat ditemui disela-sela seleksi. Minggu (24/10/2021).

Tahap berikutnya, kata Basyir sapaan akrabnya adalah Seleksi Kemampuan Bidang, seleksi ini
merupakan tahapan lanjutan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). "Mereka yang berhak mengikuti SKB adalah peserta yang dinyatakan lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)," jelasnya.

Skd

Setiap formasi akan dihadapkan dengan jenis ujian berbeda. Pada tahap SKD Umumnya, pelamar akan dihadapkan dengan ujian CAT dengan soal-soal seputar Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Untuk Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) lanjut Basyir bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Salah satu pelamar Ramadiya Fitri  mengatakan ia sudah berada di lokasi sejak pukul 08.00 pagi, ia berencana melamar formasi di Sekretariat Jenderal Kemenag.

"Iya di Sekretariat Jenderal melamarnya," katanya.

Lain lagi dengan Ahmad Syauqi Rahman, ia berencana melamar sebagai Auditor Ahli Pertama di Inspektorat Jenderal Kemenag. "Sesuai background pendidikan dan formasi yang dibutuhkan, saya mencoba melamar jadi Auditor," jelasnya.

Ditjen PHU Tahun 2021 ini akan membuka 5 formasi CPNS antara lain Pengelola Barang Milik Negara (BMN) (2 orang), Pranata Barang dan Jasa (1 orang), Analisis Dana Haji (1 orang), serta Analisis Haji (1 Orang).

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca