Lompat ke isi utama
x

7.160 Jemaah Haji Akan Berangkat Melalui Embarkasi Makassar

Dn

Makassar (PHU) --- Embarkasi Makassar menjadi salah satu dari 13 embarkasi haji yang akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci tahun ini. Sebanyak 7.160 jemaah haji dari 8 provinsi akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri (Diryan DN) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Saiful Mujab saat menghadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar di Aula Balai Diklat Keagamaan Makassar, Jum'at (20/05/2022).

"Adapun jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar adalah sebanyak 7.160 jemaah dan 24 orang petugas. Jemaah yang berangkat berasal dari 8 provinsi, yaitu Sulawesi Selatan (3.320 orang), Sulawesi Tenggara (922 orang), Sulawesi Barat (663 orang), Gorontalo (447 orang), Maluku (496 orang), Maluku Utara (491 orang), Papua (491 orang) dan Papua Barat (330 orang). Seluruh jemaah ini akan dibagi ke dalam 19 kloter," terang Mujab dalam sambutannya.

Pemerintah, sambung Mujab, telah menetapkan 2 maskapai penerbangan yang akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M, yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines. "Dan insya Allah, untukĀ  Embarkasi Makassar ini jemaah akan diberangkatkan menggunakan Garuda Indonesia," pungkasnya.

Dn

Mujab menambahkan, jemaah haji Indonesia tahun ini akan diberangkatkan dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 dan gelombang 2. Gelombang 1 direncanakan akan diberangkatkan mulai tanggal 4 Juni 2022 sampai dengan 18 Juni 2022, sedangkan gelombang 2 dijadwalkan akan berangkat mulai tanggal 19 Juni 2022 sampai dengan 3 Juli 2022.

"Insya Allah, jemaah haji dari Embarkasi Makassar ini masuk ke dalam fase pemberangkatan pertama, yang akan diterbangkan ke Madinah pada tanggal 17 Juni 2022," kata Mujab.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada PPIH Embarkasi Makassar dan teruslah bekerja melayani jemaah haji Indonesia. Selamat bekerja, selamat mengantarkan jemaah haji Indonesia menuju haji yang mabrur," tutup Mujab di akhir sambutannya.

Kegiatan ini turut mengundang Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Provinsi Sulsel Aslam Patonangi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Bahtiar Baso, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Khaeroni, Kapolda Sulsel yang diwakili oleh Direktur Pam Obvit Polda Sulses Kombes Iftah Falahadin, serta perwakilan dari PT Garuda Indonesia.

Penulis
Mustarini Bella Vitiara
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca