Lompat ke isi utama
x

Ali Taher : Haji Terbaik Itu Haji Reguler

Ali Taher

Tangerang (PHU) --- Anggota Komisi VIII DPR Ali Taher mengatakan bahwa    penyelenggaraan haji terbaik itu adalah haji reguler. Haji reguler itu adalah haji yang paling diminati, haji reguler itu haji paling lama yakni selama 41 hari rata rata. 

"Jemaah haji reguler saat ini mendapatkan makan dan minumnya 40 kali selama di Arab Saudi, cuma ada waktu kosong ketika wukuf di Arafah itu tidak dapat makan. Bukannya tidak dapat makan tetapi karena akses menunju Mina dan Arafah tidak bisa dilalui kendaraan," ucap Ali Taher. 

Penyelenggaraan haji reguler itu sudah di lakukan oleh pemerintah, Ali Taher menambahkan sedangkan penyelenggaraan haji Khusus itu dilakukan oleh PIHK, karena terbatasnya kuota maka, KBIH bisa memberangkatkan satu orang pembimbing jika dapat memberangkatkan 135 jemaah haji. 

"Hal ini bukan hanya kemauan kita semata tetapi juga keinginan pemerintah Arab Saudi ikut menentukan karena supaya jangan terlalu banyak penyelenggara haji yang setiap saat berangkat haji tetapi tidak diurus jemaahnya," ujar Ali Taher pada acara pada acara Pembinaan KBIH Pasca Pandemi Covid angkatan Ke IV di Tangerang, Selasa (29/09). 

Peserta

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Banten A. Bazari mengatakan Kepada pimpinan KBIH untuk memberikan pelatihan manasik dengan sungguh sungguh, kalau selama ini kita memberikan bimbingan selama 6 bulan, maka saat ini kita memberikan bimbingan selama 1 tahun 6 bulan. 

"Masih ada waktu bagi kita memberikan pengetahuan pengetahuan inti dari persoalan persoalan haji, bukan hanya manasik haji tetapi juga bagaimana jemaah haji mempunya ekses sosial kepada masyarakat setelah pulang haji, maka  hajinya harus dimaknai dengan baik," ucap A. Bazari. 

A.Bazari menambahkan mudah mudahan jemaah haji pada tahun 2021 ini lebih menguasai manasik daripada jemaah haji pada tahun sebelumnya. 

"Saya mohon kepada para kiyai supaya mau memberikan pemahaman bukan hanya sekedar aspek haji tetapi berikan pemahaman kenapa musti sai, apa filosofis sai untuk kehidupan, kenapa musti tujuh kali. Sehingga orientasi haji ketika dilakukan di Mekkah terimplikasi ketika jemaah haji kembali kerumahnya," ujarnya. 

Penulis
Boy Azhar
Editor
Boy Azhar