Lompat ke isi utama
x

Anggota DPR Komisi VIII Sampaikan Sejumlah Fakta Pembatalan Haji 2020

Diseminasi Pembatalan Haji

Riau (PHU) --- Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad mengatakan bahwa Komisi VIII DPR RI sedang membahas terkait aturan yang akan diberlakukan kepada jamaah Haji dan Umroh tahun 2021, bila selama pandemi covid 19 belum berakhir.

Dasar hukumnya juga sudah jelas, Achmad menambahkan, hal ini  tertuang dalam KMA 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

Selain itu Achmad membahas tiga fakta pertimbangan pembatalan keberangkatan haji tahun 1441 H/2020 M. Pertama perlindungan jemaah haji, terjaminnya kesehatan jemaah haji, keselamatan dan keamanannya jemaah haji.

Kedua, "Hukum Islam mengutamakan untuk menjaga jiwa dan ini merupakan salah satu dari maqashid syari'ah, ucap Achmad

Ketiga, "Wabah penyakit dan terakhir terkait waktu persiapan yang sudah mepet. Mengingat pemerintah Arab Saudi sampai dengan tanggal 1 Juni 2020 belum membuka akses layanan," ujarnya.

Achmad mengajak  masyarakat atau calon jamaah haj untuk mengambil  sisi positif terkait pembatalan pemberangkatan haji dan umroh ditengah pandemi covid 19. Dengan mengambil sikap tidak berlebihan.

Achmad menambahkan maksud dan tujuan dari pemerintah sangat baik, yaitu mengutamakan keselamatan dan kesehatan para calon jamaah haji dan umroh,  selama wabah covid 19 masih berlangsung atau belum berakhir.

Bagaimanapun juga, dalam hal ini pemerintah lebih mengedepankan kesehatan dan  keselamatan jemaah.
"Untuk saat ini menolak kemudhorotan lebih diutamakan daripada mengambil kemaslahatan", ucap Achmad pada acara Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji 2020, bersama Kemenag Provinsi Riau yang di gelar di Hotel Grand Zuri, Kota Duri, (14/10).

Kegiatan tersebut, dihadiri 100 peserta yang terdiri dari jajaran KUA seperti Kecamatan Mandau, Pinggir, Batin Salopan, Talang Muandau, utusan MUI, NU, Muhammadiyah, DDII, pengurus KBIH dari Hubbul Wathon, Ihsan dan Jami'. Tak ketinggalan Penyuluh Agama Islam 4 Kecamatan, mahasiswa dan seluruh panitia dan Kemenag RI. 

Achmad yang juga bertindak sebagai narasumber pada acara tersebut menyampaikan tujuan diseminasi kepada seluruh peserta. 

Achmad mengatakan untuk info pemberangkatan haji 2021 masih menunggu info selanjutnya dari pusat sekaligus tentunya berharap pandemi ini segera berakhir.

Penulis
Vera
Editor
Boy Azhar