Lompat ke isi utama
x

Asrama Haji Banten Siap Berangkatkan Jemaah Haji Tahun 2022 

Nizar

Tangerang (PHU)--Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) berupaya pada tahun 2022 nanti jemaah haji asal Banten sudah bisa diberangkatkan dari Asrama Haji yang berlokasi di Kota Tangerang ini.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar saat acara Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima Lahan untuk Pembangunan Asrama Haji Provinsi Banten yang diselenggarakan di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada Sabtu (26/6/2021).

"Kami mencoba, untuk tahun 2022 sudah ada keberangkatan dari Banten. Diharapkan pengerjaannya selesai pada bulan Mei. Sehingga pada 5 Juni, kloter pertama haji tahun 2022 bisa mulai diberangkatkan dari Kota Tangerang Banten," kata Nizar.

Rancangan pembangunan asrama haji ini menjadi agenda yang sangat monumental bagi perjalanan jemaah haji Provinsi Banten. Sebab, perjalanan jemaah haji untuk menuju bandara embarkasi Soekarno-Hatta akan menjadi lebih efisien karena tidak perlu lagi menginap di Asrama Haji Pondok Gede Bekasi.

"Selama 21 tahun berdiri, ada kegelisahan batin dari jemaah haji yang mengalami perjalanan jauh ke bandara, padahal bandaranya berada di kota sendiri," terangnya.

Saat ini kata Nizar, Provinsi Banten memiliki jemaah haji 9.461 orang yang terbagi dalam 25 kloter. "Jumlah ini dapat dibagi 2, yaitu gelombang pertama sebanyak 13 kloter dan gelombang kedua 12 kloter. Sehingga perhari satu kloter," jelasnya terkait pembagian kloter jemaah haji Provinsi Banten jika asrama haji ini nantinya rampung.

Ia juga menambahkan bahwa pembangunan asrama haji di kota Tangerang Banten juga menjadi momen yang bersejarah apalagi jika tahun depan terjadi pemberangkatan dan penambahan embarkasi haji.

"Maka kemudian kita bertekad, kita kawal, dan kami harapkan semuanya bisa berjalan dengan baik. Dan tentu ini perlu kepedulian dari semua pihak untuk menyongsong lahirnya embarkasi baru di Banten," ungkapnya.

Kementerian Agama sendiri telah mengalokasikan dana sebesar 40,5 M untuk pembangunan asrama haji ini. "Atas nama Kementerian Agama, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk Pak Walikota, tentu ini bukan saja investasi dunia, namun sebuah investasi akhirat yang luar biasa. Mudah-mudahan ini berkah buat semuanya, khususnya untuk masyarakat Provinsi Banten," ungkap Nizar.
 

Tng

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan rasa syukurnya atas terealisasinya penyerahan lahan untuk pembangunan asrama haji yang berlokasi di Kelurahan Cipondoh Tangerang, Banten.

"Bersyukur, hari ini, Pemerintah Kota Tangerang, Alhamdulillah berkat bimbingan, dorongan, serta motivasi, kami bisa menyerahkan lahan seluas 4,4 Ha untuk pembangunan asrama haji, yang waktu itu ditugaskan oleh Pak Sekjen di akhir tahun lalu," ungkapnya.

Arief juga menegaskan bahwa ini adalah tugas mulia dan merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan, bukan hanya bagi Pemerintah Kota Tangerang, namun juga seluruh masyarakat Banten.

"Saya rasa, ini bukan hanya menjadi kebahagiaan dan kebanggaan bagi pemerintah kota, namun juga masyarakat Banten, karena memang Provinsi Banten ini adalah satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang belum memiliki asrama haji," imbuhnya.

Pembangunan asrama haji di kota Tangerang Banten ini diharapkan dapat memudahkan pelayanan haji bagi masyarakat, bukan hanya masyarakat dari kota Tangerang, namun juga dari 8 Kabupaten/Kota yang tersebar di Provinsi Banten.

"Adanya asrama haji di kota Tangerang ini diharapkan nantinya dapat memudahkan pelayanan haji ke seluruh masyarakat Banten, sehingga jemaah tidak perlu jauh-jauh ke asrama haji di Pondok Gede," tutur Arief.

Ia juga berharap, asrama haji ini dapat menjadi kebanggaan, bukan hanya bagi masyarakat Banten namun juga masyarakat Indonesia. "Hal ini mengingat kota Tangerang memiliki tempat yang sangat strategis dengan adanya Bandara Soekarno-Hatta, sehingga konsep pengembangannya diarahkan menjadi aerotropolis," imbuhnya lagi.

Sehingga kedepannya, pembangunan asrama haji yang telah diinisiasi sejak 2008 ini akan mampu melayani kebutuhan masyarakat, bukan hanya untuk melaksanakan ibadah haji namun juga umrah.

"Kami berharap asrama haji ini bisa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah, tidak hanya melayani haji, namun juga mampu melayani masyarakat kita yang mau berangkat umrah yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Maka dari itu, kita berharap mudah-mudahan asrama haji Provinsi Banten yang ada di kota Tangerang ini bisa menjadi syiar kebanggaan bagi seluruh umat Islam dan wasilah untuk diadakannya kembali keberangkatan haji di tahun yang akan datang," tutur Arief.

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Dirjen PHU Khoirizi H Dasir, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab, Plt. Kepala Biro Hukum dan KLN Kemenag Imam Syaukani, Kabag Perencanaan dan Humas Slamet, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin serta Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman.

Penulis
Mustarini Bella Vitiara
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca