Lompat ke isi utama
x

Bahas Target, Sasaran Program dan Anggaran Tahun 2020, Kemenag dan DPR Gelar Rapat Dengar Pendapat

DPR

Jakarta (PHU) –Kementerian Agama melalui Direktorat Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) bersama Komisi VIII DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat terkait Target dan Sasaran Pelaksanaan Program dan Anggaran Tahun 2020 serta permasalahan aktual seputar haji dan alternatif solusi, rapat dilakukan secara terbuka di Gedung Nusantara II DPR, Selasa (04/2).

Dirjen PHU yang diwakili Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman menyampaikan ada tiga sasaran program yang dilakukan Ditjen PHU untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji dan umrah.

Ketiga sasaran program itu antara lain pertama, terwujudnya penyelenggaraan ibadah haji yang transparan dan akuntabel. Kedua, menguatnya pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan ibadah umrah dan ibadah khusus sesuai standar dan ketiga, meningkatkan tata kelola organisasi Ditjen PHU yang efektif dan akuntabel.

“Ketiga sasaran program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah,” kata Ramadhan.

Lebih lanjut Harisman juga menjelaskan tujuan yang akan di capai pada tahun 2020 meliputi: peningkatan kualitas penyuluhan, bimbingan dan pemahaman manasik haji; peningkatan profesionalisme dan dedikasi petugas haji; peningkatan kemitraan dengan kelompok bimbingan ibadah haji; peningkatkan pengawasan dan pengendalian umrah dan haji khusus sesuai standar.

Kemudian, peningkatan pelayanan pendaftaran, dokumen, perlengkapan dan transportasi udara sesuai standar; peningkatan kualitas pelayanan asrama haji; peningkatan kualitas pelayanan akomodasi, konsumsi dan transportasi Jemaah haji di Arab Saudi; peningkatan perlindungan kepada Jemaah dan petugas ibadah haji; peningkatan transportasi dan akuntabilitas pengelolaan dana operasional haji.

Serta, peningkatan pengembangan sistem dan pelayanan informasi penyelenggaraan haji; dan peningkatan kualitas dukungan manajemen, tata kelola, dan dukungan teknis lainnya dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

Rapat dipimpin oleh TB. Ace Hasan Syadzily beserta para anggota komisi VIII DPR RI dan para Pejabat eselon I Kementerian Agama yaitu Direktur Jenderal PHU, Direktur Jenderal Bimas Islam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kepala Badan Litbang dan Diklat serta  Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Kementerian agama RI.

Penulis
Ranita Erlanti Harahap
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca