Lompat ke isi utama
x

Bekali Petugas Haji, Dirjen PHU : Petugas Jangan Bebani Jemaah Haji

diejen haji

Boyolali (PHU)--Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar menegaskan kepada petugas haji baik yang menyertai jemaah (Petugas Kloter) maupun petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi (Non Kloter) untuk tidak membebani jemaah haji. Sehingga jemaah dapat fokus beribadah hajinya.

Penegasan itu disampaikannya saat memberikan materi pada Pembekalan Terintegrasi PPIH Kloter yang terdiri dari Ketua kloter, Pembimbing Ibadah Haji dan Tenaga Kesehatan Haji di Asrama Haji Donohudan Solo. Kamis (12/03)

Selasa (12/03) Dirjen PHU sampaikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H/2020M dalam acara pembekalan terintegrasi PPIH Kloter yang terdiri dari ketua kloter sebanyak 95 peserta, pembimbing ibadah haji sebanyak 95 peserta dan tenaga kesehatan haji sebanyak 283 peserta. 

"Saya menghimbau petugas haji indonesia agar menjadi petugas haji yang benar-benar jadi petugas bukan petugas yang membebani jemaah," kata Nizar.

Ia berpendapat, melayani jemaah haji adalah perbuatan yang mulia, maka dari itu petugas haji harus mempunyai integritas. "Tamu Allah itu mulia, apalagi petugas haji yang melayani tamu Allah pasti lebih mulia. Maka dari itu petugas haji harus bertugas dengan benar", jelas Nizar.

Dirjen

"Berdasarkan dengan pengalaman sebelumnya, terdapat salah satu petugas yang harusnya melayani tapi tidak melayani. Begitu sampai di hotel minta macam-macam dan tidak mau lapor kepada sektor. Ini yang akan mengganggu proses jemaah dalam beribadah." tambahnya.

Seharusnya petugas haji, kata Nizar dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan pakta integritas yang telah ditandatangani.

"Hal ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran. Segala bentuk pelanggaran moral dan berat akan dikenakan sanksi termasuk dipulangkan", tegas Nizar.

Nizar pun berharap petugas haji tahun ini dapat menjadi lebih profesional daripada tahun kemarin.

"Pada indeks kepuasan jemaah haji di tahuh 2012, petugas haji ada di  poin kedua dan tahun 2019 ada pada poin ke empat. Saya sangat berharap tahun ini dapat naik peringkat," tandasnya.

Penulis
Amnia Salma
Editor
Husni Anggoro