Lompat ke isi utama
x

Belum Ada Pengumuman Kuota Haji Indonesia

kalsell

Kandangan (PHU) – Plt.Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupatemn Hulu Sungai Selatan (HSS) Abdul Aziz, meminta umat menata hati.

Menurut Abdul Aziz sampai sekarang pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan jumlah kuota haji untuk jemaah Indonesia dan negara lainnya. Padahal biasanya sebelum pandemi menerjang, kuota haji setiap negara sudah diinformasikan oleh Arab Saudi, termasuk soal biaya haji.

"Nah, sekarang sudah masuk 21 Ramadan, kabar tentang keberangkatan ibadah haji belum ada informasi untuk itu umat khususnya jemaah haji agar menata hati mulai sekarang,” pintanya di ruang kerjanya Selasa (04/05/21).

Selanjutnya Abdul Aziz meminta masyarakat agar tidak mengaitkan kemungkinan batalnya pemberangkatan haji tahun 2021 dengan masalah lainnya. Seperti soal vaksin Sinovac, adanya utang akomodasi pemerintah Indonesia ke Arab Saudi, dan masalah peradilan seseorang.

"Itu semua hoaks, kalaupun nanti ada pembatalan pemberangkatan karena soal kasus Covid-19 dan itu berlaku untuk semua negara," tegasnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag HSS Saribuddin, mengimbau umat Islam yang sudah mendaftar haji untuk menata hati terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

“Jika jemaah Indonesia batal berangkat tahun ini, semata-mata itu karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum membaik. Apalagi kasus India ikut memengaruhi pengambilan keputusan Arab Saudi,”pungkasnya.

Penulis
Bahrul
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca