Lompat ke isi utama
x

Berihram, Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Balikpapan Bertolak ke Tanah Suci

Bpn

Balikpapan (PHU)--Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Balikpapan (BPN) hari ini. Rabu (22/6/2022) bertolak menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan menggunakan 9 Bus.

Jemaah haji kloter I Embarkasi Balikpapan ini masuk kedalam keberangkatan gelombang II, sehingga sudah mengenakan kain ihram bagi jemaah laki-lakinya sejak dari Embarkasi.

"Karena jemaah haji Emabarkasi Balikpapan sudah masuk keberangkatan gelombang II, Jemaah laki-laki sudah mengenakan kain ihramnya sejak dari Embarkasi," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan Kabul Budiono di Balikpapan. Rabu (22/6/2022).

Bpn

Sebanyak 360 jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I ini berasal dari tiga Kota antara lain Kota Samarinda, Kabupaten Paser serta Penajam Paser Utara (PPU) dengan rincian Kota Samarinda 186 orang, Kab. PPU 58 Orang, Kab.Paser 112, Petugas 4 orang. Untuk Petugas terdiri 1 orang Paramedis, TPHI 1 orang, TPIHI 1 orang dan TKHI 1 orang.

Sementara itu, Kabid penerimaan dan kedatangan jemaah haji PPIH Embarkasi Balikpapan Normansyah meminta jemaah untuk melepaskan identitas kedaerahanya masing-masing untuk menjadi jemaah haji Embarkasi Balikpapan.

"Tolong lepaskan identitas dari daerah mana berasal, bapak dan ibu adalah jemaah haji asal Embarkasi Balipapan," pintanya.

Ia juga meminta antar sesama jemaah dan petugas agar selalu kompak. "Jaga kekompakkan, karena kekompakkan akan membwa kita menuju haji mabrur," ujarnya.

Dirinya mengimbau, tas gantung/tas selempang jemaah jangan pernah dilepas. Seperti diketahui tas tersebut biasanya berisi dokumen-dokumen jemaah haji seperti paspor, uang jemaah, kartu identitas.

"Tas gantung jangan dilepas karena khwatir akan tertinggal bila dilepas, sekali lagi tolong jangan dilepas. Jaga paspor jangan smpe dikeluarkan dari tas gantung," imbaunya.

Kepada petugas kloter ia berpesan jika terjadi masalah didalam kloternya, hendaknya dimusyawarahkan, karena tinggal dengan waktu lama tidak jarang jemaah maupun petugas terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalo ada masalah dimusyawarkan dan diselseaikan karena jemaah akan tinggal cukup lama. Jika ada amarah dari jemaah berdoalah kepada Allah," ujarnya.

Atas nama PPIH Embarkasi Balikpapan, dirinya mengucapkan selamat jalan menuju Tanah Suci. "mudaha-mudahan Allah memberikan kemudahan dalam beribadah dan kembali dalam keadaan sehat sampai Tanah Air," harapnya.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca