Lompat ke isi utama
x

Bidang PHU NTB Gelar Rakor Persiapan Haji 2022

Ntb

Mataram (PHU)--Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Opersional Penyelenggaraan Haji di Embarkasi Lombok tahun 1443H/2022M.

Rakor dipimpin langsung Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag NTB Eka Musftati'ah di UPT Asrama Haji Embarkasi Lombok. Selasa (24/05/2022).

Dalam arahannya Eka menyampaikan progres persiapan penyelenggaraan haji Embarkasi Lombok tahun ini. "Persiapan rakor ini mulai dari persiapan Bimtek Petugas Integrasi  Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter Terintegrasi hingga persiapan opersional teknisnya," kata Eka.

Persiapan teknis, kata Eka tersebut meliputi persiapan dokumen jemaah haji (paspor, visa, tas dan koper), pramanifes jemaah haji, vaksinasi jemaah, jemaah cadangan hingga pembagian kloter.

"Persiapan ini harus segera dilaksanakan, karena kita harus gerak cepat berpacu dengan waktu kebarangkatan jemaah haji," ungkapnya.

Sesuai arahan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri kata Eka, salah satu syarat mendapatkan visa adalah pembentukan pramanifes. Pramanifest bisa dilaksanakan jika kloter sudah terbentuk.

"Ini yang harus kita pahami bersama, kita juga harus gerak cepat," tegas Eka. 

Pihaknya juga telah mendorong Kemenag kabupaten/kota untuk mendata jemaah yang belum divaksin lengkap. Ia mengungkapkan jemaah tidak akan mendapatkan visa jika belum divaksin lengkap dan sertifikat vaksin Covid-19 belum keluar.

"Vaksin merupakan mandatori dari Pemerintah Saudi juga penerbitan sertifikat vaksin Covid-19 ini akan terhubung dengan aplikasi Peduli Lindungi," terangnya.

"Tapi, Alhamdulillah seluruh jemaah NTB sudah divaksin lengkap, namun ada beberapa jemaah yang sertifikatnya belum keluar," tambahnya.

Pada musim penyelenggaraan haji tahun 1443H/2022M Provinsi NTB mendapatkan kuota sebesar 2.042 jemaah haji yang akan direncanakan masuk asrama haji pada 19 Juni 2022 dan berangkat ke Madinah Arab Saudi pada 20 Juni 2022.

Penulis
Husni Anggoro
Editor
Husni Anggoro

Jumlah Pembaca