Lompat ke isi utama
x

CJH Lansia Kotabaru Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

Kalsel

Kotabaru (PHU) - Kendati belum ada kepastian soal pemberangkatan haji tahun 2021, namun berbagai persiapan ibadah haji tetap dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan.

Salah satunya dengan pemberian vaksin Covid-19 tahap kedua kepada 48 jemaah haji yang telah berusia lanjut (lansia) dan terdaftar ikut vaksinasi di Puskesmas Dirgahayu.

Pelaksana Tugas Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Plt. Kasi PHU) Siti Fatimah yang memantau langsung proses vaksinasi mengatakan meski dilakukan di bulan Ramadan, vaksinasi tersebut berjalan lancar.

“Semoga dengan vaksinasi ini, Jemaah haji lansia kita kebal terhadap virus Corona dan bisa berangkat menjalankan ibadah haji setelah sempat tertunda tahun lalu karena pendemi," harap Fatimah, Kamis (29/04/21).

Tim vaksinasi puskesmas Dirgahayu Mariana mengatakan dari 48 jemaah haji lansia yang terdaftar ikut vaksinasi Covid-19 tahap kedua, ada 1 jemaah yang ditunda sementara karena sakit.

“Vaksin diberikan dalam rangka meningkatkan imunitas. Bila suatu saat terpapar dia tidak akan sakit, hanya sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan," terang Mariana.

Selama kondisi kesehatan jemaah haji normal, kata Mariana bisa langsung divaksin. “Sebaliknya, jika tidak memungkinkan seperi sakit, bisa dijadwal ulang sampai dianggap siap untuk divaksin,” tambahnya.

Ia berpesan kepada jemaah haji lansia setelah divaksin agar selalu menjaga pola makan, berolahraga ringan serta rutin cek kesehatan. "Kami doakan kepada jemaah haji lansia semoga sehat dan dapat berangkat ke tanah suci Mekkah tahun ini,” pungkasnya.

Penulis
Tina
Editor
Ranita Erlanti Harahap

Jumlah Pembaca